Question #25795

views

4735

Beda Elisa dan Rapid Test

Dear dokter, saya pernah melakukan tes di angsa merah di jl johar hari ke 86 dari kegiatan "beresiko" dan hasilnya non reaktif dengan SD bioline 3.0 .  Namun saya masih bawaan parno aja nih dokter,  saya sering sakit kepala pindah2 atau kliyengan  dan sering beringus dan membuat saya berpikir tidak-tidak. Saya pernah membaca artikel di surat kabar klu bisa coba tes dengan metode elisa, di angsamerah apakah tersedia metode elisa? atau tes dengan rapid test sudah cukup dokter? Apakah di angsamerah boleh kita minta tes dengan 2 jenis brand berbeda walapun sama adalah rapid test?
mohon bantuannya dokter saya sangat parno dengan kondisi ini. 
Terimakasih sebelumnya

Answer

Salam mas, pemeriksaan HIV di hari ke 86 sudah melewati masa jendela. Prinsip pemeriksaan Elisa dan rapid tes sama yaitu dengan antibodi hanya cara pengerjaan Elisa lebih rumit. Klinik Angsamerah tidak memiliki fasilitas pemeriksaan Elisa namun dapat membantu dengan melakukan rujukan ke rumah sakit yang memiliki fasilitas pemeriksaan tersebut. 
Bila memang diperlukan untuk konfirmasi memang kami akan menggunakan 3 test tanpa diminta. Namun bila tidak ada, umumnya cukup menggunakan 1 alat test

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.