Question #25170

views

1805

Benarkah ada yang setelah 1 tahun Non Reactive dan tidak melakukan Resiko HIV, kemudian jadi Reactive ?

Dok, Mohon Penjelasan Saya Pernah Membaca Artikel yang menyatakan bahwa ada yang setelah 1 tahun Non Reactive dan tidak melakukan Perbuatan Resiko dapat Menjadi Reactive dengan salah satu alasan Kekebalan Imun Menurun ? Kemudian, Apakah Hasil Non reactive setelah Periode 3 bulan dan 6 bulan bukan berarti tidak ada Virus HIV di dalam tubuh ? Mohon Penjelasan Dok, Saya Bingung. Apakah Menggunakan Test Metode Western Blot saja yang akurat ? Tanggapi dok, saya bingung, Terima kasih.

Answer

Selamat pagi dan terima kasih atas pertanyaannya. Secara pedoman dari WHO dan Kemkes RI window periode adalah 3 bulan post terpajan, begitupula teorinya bila seseorang sudah di test post window periode 3 bulan maupun 6 bulan dengan hasil non reaktif, itu adalah hasil finalnya yang artinya dalam tubuh pasien tidak didapat virus HIV. kalau setelah itu di test menjadi positive, pengalaman saya kalau pasien kita tanya lebih lanjut, biasanya mereka melakukan perilaku beresiko memakai kondom dan tidak di cek kembali apakah kondom rusak selesai berhubungan. Kemungkinan bila hasil positive karena ada kebocoran kondom saat melakukan hubungan intim.
Sejauh ini saya belum mendapat pasien yang sudah periksa non reaktif berubah menjadi reaktif.
Saya rasa mas tidak perlu bingung kalau sudah test post window periode. Semoga tanggapan saya ini bisa membantu. Semangat...

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.