Question #27247

views

505

Berapa banyak benjolan yang terjadi pada orang terinfeksi hiv

Dok, pembengkakan kelenjar getah bening pada orang yg mengidap hiv itu minimal berapa, dan bagaimana kondisi bengkak nya. Apa ada ciri khusus pada benjolanya ?

Answer

Selamat siang , terima kasih atas pertanyaan yang diajukan.
Kelenjar getah bening adalah salah satu bentuk pertahanan tubuh setiap orang. Bila terjadi pembengkakan atau pembesaran kelenjar getah bening menunjukkan ada infeksi di area sekitar kelenjar getang bening tersebut.
Bila seseorang dengan HIV mengalami beberapa infeksi dalam tubuhnya, biasanya akan ada beberapa pembesaran kelenjar getah bening sekitar area yang terinfeksi. Berapa banyak kelenjar getah bening yang membesar, biasanya tergantung seberapa berat infeksi yang timbul, jadi tidak dapat ditentukan berapa jumlah minimal kelenjar getah bening yang membesar.
Normalnya kelenjar getah bening tidak teraba. Bila kita teraba benjolan sebesar atau bahkan lebih besar kacang hijau, yang biasanya tidak ada, ada kemungkinan kelenjar getah bening membesar.                    Biasanya seseorang dengan infeksi TBC kadangkala kelenjar getah bening di area leher bisa teraba membesar. 
Jadi bila teraba pembesaran kelenjar getah bening, bila orang tersebut tidak berperilaku beresiko, mungkin saja bukan karena terinfeksi HIV.
 
Demikian jawaban saya, semoga ini membantu. Semangat Angsamerah !!

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.