Question #25944

views

842

Berapa banyak yang terinfeksi HIV tetapi non gejala?

Selamat malam Dokter.

Saya ingin bertanya. Seberapa banyak kah (mnurut pengalaman dokter saja secara kuantitas) yang datang melakukan test HIV. Dan hasil nya reaktif tetapi tidak sama sekali mengalami gejala apapun? Minta tolong dokter gambarkan secara perbandingan (x:y) atau presentase (%) bagi yang non gejala ini, mengingat gejala akan banyak timbul setelah menahun terinfeksi. Jujur saja saya adalah yang berprilaku beresiko, saya baru pertama kali nya berhubungan seks dengan PSK dan bodoh nya tanpa kondom, terkena gonore dan panik setengah mati akan kena HIV, sembuh dan tidak ada gejala lanjutan yang berarti. Akan tetapi membaca banyak blog dan informasi, mengatakan terinfeksi HIV pada fase primer tidak semua nya mengalami gejala yang khas. Kalaupun bgtu, menurut dokter seberapa banyak kah mereka yang tidak mengalami gejala, yang tiba2 di tes langsung reaktif? Mohon pencerahan dan penjelasannya dokter. Saya tetap khawatir dengan test yang akan saya jalani 2 minggu kedepan (pas 3 bulan)

Answer

Salam mas/mbak, saya tidak dapat memberi gambaran yang anda minta karena tidak dapat mewakili keingintahuan anda mengenai gambaran secara umum. Alasannya antara lain adalah setiap instansi kesehatan memiliki proporsi yang berbeda dan bisa gambaran tersebut berbeda secara mencolok walaupun di kota yang sama. 
Di klinik yang sering dikunjungi oleh orang yang memiliki pengetahuan dan kesadaran yang baik tentang HIV maka lebih banyak yang datang tanpa gejala. Namun di tempat lain dimana pemeriksaan HIV baru diperiksa ketika sudah memasuki stadium AIDS tentu gejala yang muncul akibat infeksi oportunistik sudah banyak.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Previous
Next

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.