Question #25283

views

9341

Bingung dengan non reaktif index 0.15

Salam hormat dok...saya bingung dengan non reaktif index 0.15.... saya sudah tes 3 x dari tindakan beresiko (fingering dan handjob tp tdk ada sex dan oral sex) yg pertama 3 bl, 6bl, dan 7 bl semua hasilnya non reaktif dengan index yg berbeda2...dan yg terakhir kemarin tgl 25 july 2015 saya melakukan tes yg keempat kali genap 8bl dari tindakan beresiko saya yaitu tgl 1nov 2015.....tes yg 3 bl dengan metode rapid non reaktif....yg 6bl metode cmia non reaktif 0.18 yg ketiga metode combo non reaktif 0.09 dan yg keempat 8 bl metode combo non reaktif 0.15... yg saya tanyakan kenapa indexnya bisa naik pdhal selama itu saya sdh takut dan menjauhi tindakan beresiko...tolong dijawab dok saya sangat takut sampai sampai tdk berani berhub dengan istri saya...ini yg kedua kalinya saya bertanya diblog angsamerah pertanyaan saya yg pertama mengenai penularan hiv melalui gelas sdh dijwb bu dokter adiyana dan juga teman yg saya ajak minum kopi bersama sdh tes anti hiv hasilnya non reaktif...tolong dok saya sangat takut...arya disurabaya

Answer

Salam mas, 
CMIA test adalah untuk mencari sistem kekebalan tubuh untuk mencari antigen tertentu yang terdapat pada virus HIV. Bila sudah melewati masa jendela dari kontak beresiko terakhir dan hasilnya non reaktif berarti anda tidak tertular HIV.  Hasil test tersebut hanya bermakna pada kata NON REAKTIF dan REAKTIF  saja. Angka yang muncul unuk kepentingan laboratorium.
Non reaktif artinya tidak ada reaksi antibodi terhadap antigen P24 pada virus HIV dengan istilah lain tidak terinfeksi atau belum terdeteksi karena masih dalam window period.
Reaktif artinya ada reaksi antibodi terhadap antigen P24 pada virus HIV dengan istilah lain terinfeksi virus HIV.
Semoga bisa menjawab kebingungan anda.
 
 

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.