Question #26043

views

3184

Bingung Penularan HIV

Dear Doctor yang baik hati,
saya mempunyai beberapa pertanyaan yang membuat saya risau :

  1. apakah blood lancet yang dipergunakan untuk tes gula darah dan kolesterol dapat melakukan penularan HIV? jika pada suatu waktu lupa di ganti dengan yang baru, dan dipakai bersama-sama dengan perderita HIV dalam rentang waktu lebih kurang lebih 10 menit? di beberapa sumber situs kesehatan terpercaya dalam negeri yang diasuh oleh profesional dokter mengatakan hal itu berpotensi menjadi media penularan, tetapi dibeberapa sumber media luar negeri yang saya temukan yang juga di asuh oleh tenaga profesional dokter, semuanya menjawab tidak, salah satunya karena perbedaan struktur antara jarum suntik (mempunyai lubang), sedangkan lancet tidak, juga tidak pernah ditemukan kasus penularan melalui lancet disamping penularan hiv yang juga tidaklah mudah? yang manakah informasi yang akurat?
  2. Berapa lamakah virus HIV dan hepatitis dapat bertahan diluar yang terpapar oleh oksigen (bukan dalam kondisi lab)?

Atas jawabanya saya ucapkan terima kasih

Answer

Salam mas/mbak, memang jarum lancet tidak memiliki lubang yang dapat menyimpan darah namun bila ada sisa darah yang melekat pada lancet maka potensi penularan ada walaupun dalam keadaan ini sangat rendah. Bila sudah lebih dari 10 menit virus HIV sudah mati. Karena virus HIV di luar tubuh manusia sangat lemah dan mudah mati terlebih bila kena udara bebas dan sinar matahari. 
Namun mengenai virus hepatitis lebih kuat sehingga bisa tahan berhari-hari hingga berminggu-minggu di luar tubuh manusia. 

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Previous
Next

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.