Question #26060

views

342

Bingung tentang artikel hiv

dok saya binggung baca-baca artikel tentang HIV, apa iya tes hiv setelah berperilaku 1 tahun hasil negatif tapi tes lagi 1 tahun bisa jadi positif padahal tidak melakukan hal beresiko? apakah itu hoax ya dok?

Answer

Selamat siang. Terima kasih atas pertanyaan yang diajukan.
Menurut panduan WHO dan Kemenkes:
Bila seseorang melakukan perilaku beresiko, untuk mendapat hasil konklusif, 3 bulan setelahnya melakukan test HIV, dengan catatan selama window periode ( periode jendela) tidak melakukan perilaku beresiko, seperti melakukan hubungan seks atau bertukar jarum suntik.
Kadang dikatakan window periode 6 bulan, disebabkan untuk teman-teman yang beresiko tinggi karena sering berganti pasangan dan cenderung hubungan seks tanpa kondom, dilakukan test lagi untuk mendapat hasil final.
Untuk kasus diatas, hasil test setelah 1 tahun negatif dan saat ditest lagi hasilnya positif, bisa saja ada perilaku beresiko setelah test pertama dengan orang yang HIV pos. Tentunya test dilakukan 3 bln setelah kontak yang kedua.
Jadi untuk kasus diatas harus di tanya lebih lanjut lagi agar data yang didapat lengkap danĀ  bisa dibuat diagnosa yang benar.
Semoga penjelasan saya ini bisa membantu. Salam Angsamerah

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.