Question #25487

views

580

Bisa tertular atau tidak

Slmt siang dokter
Sy sblmnya sekitar thn 2014 akhir punya pegawai pasangan suami isteri. Suaminya kerja di tambak kami. Isterinya pembantu rumah tangga di rmh kami. Mrk tinggal di pondokan yg kami siapkan di blkg rumah kami. Akhir 2015 mrk resign, krn suaminya sakit2an. Suaminya 1 minggu lalu meninggal. Tgl 28 februari lalu. Baru sy tahu hari ini, suaminya meninggal krn AIDS. Dan isterinya mantan pembantu sy, terinfeksi jg. Pertanyaan sy, mungkin tidak kami 1 keluarga tertular?
Apa mungkin saat anggota keluarga kami sdg ada luka (entah luka lecet, luka garuk dll) dan pembantu kami jg ada luka, tanpa disadari bersinggungan. Apa mungkin, bisa tertular??? Tks

Answer

Selamat siang. Terima kasih atas pertanyaan yang diajukan.
Melihat kasus yang dialami, dimana pembantu suami istri sudah terinfeksi HIV dan tinggal di area yang sama, tidak menularkan HIV pada keluarga . Karena penularan HIV melalui hubungan seks  atau pertukaran jarum suntik.
Harus terjadi kontak, jadi tidak hanya bergesekan/ bersentuhan dengan mereka langsung tertular. Syarat penularan yang penting adalah adanya diskontinuitas kulit atau mukosa dari orang yang sehat sehingga ada pintu masuk virus ke orang yang sehat. Juga harus dilihat jumlah virus yang masuk dan kekebalan orang yang akan ditulari HIV.
 
Demikian saya sampaikan, semoga jawaban saya ini membantu. Salam Angsamerah

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Previous
Next

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.