Question #25216

views

720

Bisakah Tertular Penyakit Menular Seksual

Selamat malam dokter,
Saya Panji usia 29 tahun di kota solo jawa tengah

Ingin menanyakan suatu hal mengenai kronologi awal.
tanggal 21 mei 2016 saya pergi ke panti pijat++ dan Berhubungan intim menggunakan Kondom sampai ke kulit penis paling bawah.Nah disaat beberapa kali memasukannya ada yang aneh dengan kondom yang saya pakai.Saya cek dan saya lihat bagian kulit penis lepas dan Beruntung bagian mulut penis tidak lepas.Yang jadi pertanyaan apakah bisa terkena penyakit menular seksual,saya cemas dok.Secara logika juga Jika cairan vagina tidak masuk di ujung penis maka bisa mengurangi resiko dan kulit penisku tidak ada luka.Bisa bicarakan secara detail mengenai jawabanya dokter dan saya harap dibalas.

Terima kasih

Answer

Dear mas Panji, ya benar anda masih berpotensi terinfeksi penyakit menular seksual seperti genital warts atau kutil kelamin, herpes kelamin, kutu pubis meskipun menggunakan kondom. Kondom melindungi dari penyakit HIV, kencing nanah (GO), sifilis, dengan syarat tidak melakukan oral seks.
Bila mas Panji aktif melakukan hubungan seks ada baiknya melakukan pemeriksaan infeksi menular seksual secara rutin agar dapat ditangani secara optimal dan mengurangi terjadinya komplikasi.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Previous
Next

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.