Question #25614

views

17245

Bisul Apa salah satu gejala HIV?

Saya laki-laki (90 Kg dan 170 cm), dengan Keluhan Bisul. Desember 2016 : Bisul di Ketiak, Januari 2017 : Tidak ada keluhan, Februari : Bisul di Sudut Bibir Kanan, Maret : tidak ada keluhan, April : Bisul diPangkal Paha kanan, sy kira kelenjer getah bening, kemudian sy ke internist dan cek darah lengkap, hasil tes menurut dokter : normal (hanya hematokrit 34%, leukosit : 6.1 dan Eosinofil : 0, trigliserida : 196). 10 hari kemudian saya mengalami panas naik turun dan menggigil, dibawa ke IGD kemudian dirawat dan didiagnosa DBD Fase 1 (Trombosit Rendah) selama 10 hari dan selama dirawat, setiap pagi diambil darah untuk cek darah (kadar trombosit mungkin, serta ada benjolan dibawah ketiak yg muncul saat 3 hari sy dirawat, kata dokter yg merawat adalah kalenjar getah bening respon terhadap penyakit yg sy alami (DBD), dan bulan mei 2017 : tumbuh Bisul di Kening (antara 2 alis mata) setelah sembuh muncul di Pelipis (Alis Kanan), setelah hilang muncul diPerut kiri 10 cm dari pusat
Sy adalah Pasien divonis hipertiroid (obat : Propranolol dan Tyrozol), selalu memiliki Keluhan Nyeri Sendi di Jari tangan dan kaki, terkadang ada rasa nyeri ditelapak kaki, nyeri otot yg datang bergantian dan berpindah (durasi sebentar), sakit kepala terutama diatas bagian kanan, nyeri dahi kadang pelipis atas, sesekali juga muncul belekan pada mata kanan. Gejala ini muncul hampir setiap hari (kecuali belekan mata)
Untuk kebersihan, saya Mandi sebanyak 2 kali sehari dan selalu menggunakan sabun antibiotik merek dettol atau lifebouy. Saya baca di 3 artikel kesehatan (seperti alodokter, dll) Bisul yg hilang timbul disebabkan menurunnya daya tahan tubuh seseorang, misal karena HIV.
2015 saya pernah cek darah lengkap termasuk HIV. April 2015 sy cek di malaysia sekaligus medical chekup dan hasilnya Negative. Kemudian disusul 3 bulan kemudian sebanyak 2 kali menggunakan rapid test di laboratorium klinik dan hasilnya negative. Yang ingin saya tanyakan apa benar bisul yg hilang timbul gejala HIV? Apa bisa HIV dideteksi dari hasil lan darah lengkap saya diatas? Apa perlu saya test HIV lagi? Apa meminum obat colagen sebanyak 6 butir/ hari yang setara 6000 mg ada pengaruh pada pertumbuhan bisul? Dulu saya rutin minum obat colagen bentuk pil. 1 bulan belakangan ini, saya stop. Mohon pencerahannya dokter. Saya cemas sekali

Answer

Salam mas, keluhan bisul bisa disebabkan oleh alergi, infeksi kulit. Memang salah satu penyebabnya adalah sistem kekebalan tubuh yang turun, tidak hanya karena HIV, namun bisa juga karena pemakaian steroid dosis besar dalam jangka panjang, kurang gizi, sedang dalam kemoterapi, menderita penyakit diabetes melitus, dan lain-lain. Jadi silahkan anda mencari penyebab tersebut. 
Bila anda sudah melakukan test HIV lebih dari 3 bulan setelah perilaku berisiko tertular virus HIV maka bukan infeksi HIV yang menjadi penyebabnya.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.