Question #26097

views

651

Cemas HIV

Dear Angsamerah,
Pada tanggal 18 April, saya melakukan seks tanpa kondom di hari-hari terakhir datang bulan (jadi masih ada sisa darahnya) dengan teman saya dan saya tidak tahu riwayat penyakitnya. Lalu pada tanggal 29 April, saya berhubungan seks dengan pacar saya dengan menggunakan kondom. Pada tanggal 4 Mei, saya tiba-tiba demam sampai 38.9 dan seluruh persendian saya sakit. Meskipun saya tidak batuk/sakit tenggorokan/mual/muntah/diare, saya takut sekali ini gejala HIV. Saking takutnya saya VCT pada tanggal 9 Mei kemarin, dan tentu saja hasilnya tidak valid karena belum 3 bulan dari terakhir saya seks.

Pertanyaan saya adalah, tanggal berapakah yang tepat untuk saya melakukan VCT ulang? Apakah 3 bulan dari tanggal 18 April, 3 bulan dari seks dengan pacar saya, atau 3 bulan dari terakhir saya VCT? Saya sangat cemas hingga tidak bisa bekerja, saya cemas sekali positif dan malah menulari pacar saya. Saya harus bagaimana ya supaya tidak merasa cemas terus menerus?

Answer

Selamat siang. Terima kasih atas pertanyaannya.
Melihat kekhawatiran yang dirasakan, window periode (3 bulan kedepan) dihitung sejak tanggal 18 April, dimana saat itu melakukan perilaku beresiko, tanpa kondom. Jadi bisa melakukan VCT ulang kurang lebih pada 18 Juli 2018. Tetapi dalam masa tunggu, window periode tidak melakukan hubungan seks atau abstinent hingga saat harus VCT . 
Cemas yang berlebihan, apalagi mengganggu konsentrasi bekerja sangat tidak baik. Anjuran: jangan terlalu dipikirkan dan lakukan pekerjaan dengan baik. Pada bulan Juli lakukan test ulang.
Demikian anjuran saya, semoga membantu. Salam Angsamerah.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana dokter mendiagnosa keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.