Question #25174

views

4622

Cemas karena takut tertular hiv

Selamat pagi dok sy mau bertanya. Sekitar 8 hari tg lalu saya diajak teman saya ke tempat hiburan. Singkat cerita saya berciuman dengan salah satu cewek disana. Padahal. Selama ini iman saya sangat kuat dok.saya tidak pernah melakukan hal yg seperti itu selama. Ini. Saya menyesali perbuatan saya dan saya Berjanji Kepada tuhan untuk tidak mengulanginya.Karena pada saat sy ciuman dimulut sy ada sariawan di bagian dalam. Setiap hari sy memikirkannya dok.saya stres dan depresi dok.badan saya selalu panas dingin jika mengingatnya dan lemas dok. Kadang tidak nafsu makan. Pertanyaan sy apakah jika 3 bln kedepan saya tes hiv. Kondisi saya tidak sehat karena fikiran apakah ada pengaruh dok pada tes sy nanti? Padahal sy tdk terinfeksi karena saya sakit berpengaruh. Karena imun sy menurun? Mohon di jawab dok?
Adakah sy bs terinfeksi karena saya tidak tau riwayat kesehatan cewek itu dok?

Answer

Selamat siang. Terima kasih untuk pertanyaannya. Sebagai informasi berciuman adalah salah satu kondisi yang tidak menularkan HIV. Jadi tidak perlu cemas, walaupun ada sariawan dalam mulut, bila berciuman kan tidak hingga masuk kedalam mulut. . Rasa badan panas dingin, hilang nafsu makan disebabkan karena rasa cemas/khawatir/ takut yang berlebihan . Kondisi stress juga mengakibatkan kekebalan tubuh turun, bukan karena ada HIV.
Kalaupun mas mau periksa tidak bisa saja untuk memastikan apakah memang benar hasilnya non reaktif.
Demikian penjelasan saya, semoga ini bisa mengurangi kecemasan yang dirasakan.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Previous
Next

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.