Question #24966

views

453

Di payudarah sebelah kanan atas ada benjolan gt, kira kira itu kanker apa tidak ya?

Admin mau tanya. ini yg mnderita adek saya perempuan. di payudarah sebelah kanan atas ada benjolan gt,kira kira itu kanker apa tidak ya..padahal dari keluarga tidak ada garis keturunan yg punya penyakit kanker..trim (AW)

Answer

Dear Sahabat, untuk mengetahui/mendiagnosa benjolan di payudara itu kanker/keganasan diperlukan beberapa pemeriksaan, dimana pemeriksaan ini dilakukan oleh tenaga kesehatan yang berkompentensi (bisa dimulai dari bidan/perawat, dokter umum sampai ke dokter spesialis). Untuk mengetahui suatu keganasan atau tidak, maka seorang dokter penting untuk melalui tahapan sebagai berikut:
1. Menggali riwayat penyakit atau benjolan tersebut lebih dalam lagi seperti misalnya – menanyakan sudah berapa lamakah benjolannya, apakah semmakin besar atau mungkin hilang timbul. Selain itu dokter juga akan menanyakan, ada tidaknya keluarga anda yang terkena kanker. Selain itu dokter juga perlu mengetahui riwayat melahirkan ataupun menstruasi. Semua informasi tersebut bisa mengarahkan ke dokter untuk melihat seberapa besar kemungkinan keganasan.
2. Step kedua – dokter akan memeriksa permukaan benjolan merah seperti meradang, atau kulitnya berkerut seperti kulit jeruk kering, atau puting tertarik kedalam, atau ada keluar cairan dari puting susu, selain itu dokter bisa meraba apakah benjolan keras, lunak, sakit, bisa digerakkan dsbnya… Kanker biasanya tidak sakit, pinggir dan permukaan benjolan tidak rata, dan umumnya keras.
3. Step ketiga periksa dengan USG supaya bisa melihat apakah isi dari benjolan tersebut, atau ukurannya, dan seberapa dalam diantara bagian otot atau kulit.
4. Step keempat – bisa dilakukan pemeriksaan darah penunjang untuk melihat ada tidaknya tanda sel keganasan di dalam darah.
5. Step ke lima – Bila diperlukan, dokter kadang membutuhkan untuk melakukan biopsi benjolan tersebut (bedah minor, mengambil bagian kecil payudara dan kemungkinan bagian kelenjar getah bening di ketiak). Biopsi merupakan tindakan yang lebih spesifik untuk memastikan ganas (kanker) atau tidak, dan juga tipe sel ganasnya.
6. Melalui Step 1s/d 5, dokter baru bisa memastikan lebih baik bila adik anda menderita kanker atau tidak. Bila diagnosanya benar kanker, maka step berikutnya adalah melihat seberapa parah tingkat keganasannya dan seberapa luas penyebarannya, yang dipergunakan untuk melihat bagaimana kemungkinan untuk sembuh, atau memang tidak terobati. Dan ini akan dilakukan dengan pemeriksaan penunjang lainnya, seperti MRI, CT Scan.
Semoga info ini bisa membantu bapak. Terpenting, adik bapak membutuhkan seorang profesional atau seorang dokter yang berkompenten untuk mendiagnosa kanker dan juga mengobatinya.
Selain itu, seperti diterangkan diatas untuk mendiagnosa kanker tidak bisa dilakukan hanya bergantung satu cara. Dengan proses yang tepat, seorang dokter bisa mendiagnosa dengan baik dan memberikan pengobatan yang tepat, dan terpenting pasien tidak dirugikan secara fisik, mental dan ekonomi.
Saran saya carilah seorang tenaga kesehatan dimana anda dan adik anda dapat berkomunikasi dengan nyaman dan mendapatkan informasi yang tepat.
Berikut tambahan link untuk artikel lain seputar benjolan payudara.
Salam kasih dan harapan yang baik.
Info lebih lanjut: Artikel Kanker Payudara

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Previous
Next

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.