Question #25026

views

1578

Doksisiklin dan susu tinggi kalsium

Dear dokter
Dok bbrp mgu yg lalu saya di vonis oleh dokter terkena klamidia n gonorea kmd saya di kasi cefixime dan doxysiklin.kmd saya minum obat tsb sampe habis. karena harus diminum sesudah mkn maka kdg saya minum susu tinggi kalsium bersamaan dgn cefixime dan doxyciklin.kmd saya baca bahwa jika minum cefixime &doksiklin tdk blh konsumsi dgn diary product.obat ny sdh saya konsumsi sampe habis.pertanyaan saya
1)haruskah diulang dr awal minum cefixime dan doksisikliny?
2)apakah pengobatan yg saya lakukn sia dgn minum susu?
3)apakah memang betul bahwa doksisiklin dan cefixime bertentangan dgn susu?
Stlh habis obatny dok  saya merasakn gatal pd saluran kencing jauh berkurang tp kdg msh gatal kmd merah2 pd mulut penis msh ada.terima kasih

Answer

Dear,
Untuk pertanyaan no. 1 & 2
Tergantung respons klinis setelah Anda mengonsumsi obat tersebut. Bila responsnya baik maka tidak perlu diulang. Susu dapat dikonsumsi berbarengan dengan doksisiklin terutama bila setelah minum obat tersebut muncul rasa mual. Memang konsumsi susu ada kemungkinan menurunkan penyerapan obat, sehingga perlu dilakukan evaluasi secara seksama.
Untuk yang nomor 3:
Konsumsi susu yang dimaksud adalah konsumsi susu yang berlebihan. Memang disarankan untuk mengonsumsi obat dengan air putih, hal ini karena obat memiliki sifat keasaman tertentu sehingga penyerapannya dipengaruhi oleh interaksinya dengan zat lain.
Bagi Anda disarankan untuk kembali datang ke dokter dan kontrol mengenai gejala yang Anda alami. bila memang infeksi yang dialami belum tuntas, maka dapat diberikan pengobatan lanjutan yang sesuai untuk menyelesaikan masalah kelamin Anda.
Semoga jawaban ini dapat membantu Anda.
Salam sehat.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Previous
Next

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.