Question #27627

views

121

Early Treatment setelah Diagnosa

Saya Pria berumur 26 tahun didiagnosa hiv+ ketika sblm menjalani tindakan operasi pada tanggal 28 April 2021. Saya ingin tanya beberapa hal:
1. Saya baca bahwa setelah didiagnosa + harus segera mengakses arv, tapi saya baru dijadwalkan konsultasi dengan immunologist nanti 6 Mei 2021. Apakah akan terlambat? Apakah Saya tidak akan mencapai titik undetectable karena terlalu lama menunggu?
2. Apakah saya harus tes viral load sebelum memulai arv therapy?

Answer

Salam mas, memang yang terbaik adalah segera mengakses pengobatan setelah didiagnosis HIV positif. Namun tidak terlambat untuk mengakses pengobatan pada waktu yang ditentukan dokter tersebut karena kalau kamu minum ARV tepat waktu, tidak pernah lupa, maka sangat besar kemungkinan untuk tidak terdeteksi virusnya. Tujuan utama pemberian obat ARV adalah menekan virus HIV hingga tidak terdeteksi.
Sebaiknya memang melakukan pemeriksaan jumlah virus, CD4, fungsi hati dan ginjal sebelum pengobatan untuk melihat kondisi awal. Enam bulan setelah memulai ARV dianjurkan memeriksa viral load kembali untuk melihat efektivitas pengobatan.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.