Question #26594

views

334

Efek toksisitas ARV

Dok mhn konsultasi
Saya baru 1 bulan minum ARV(duviral dan efavirenz), pertimbangan terapi ini karena sgot dan sgpt saya saat itu 95/65.tapi setelah 1 minggu konsumsi sgot/sgpt saya kembali normal tapi muncul ruam2 banyak skali akibat efavirenz.saya berkonsultasi ke dokter penyakit dalam, akhirnya disarankan swicth ke nevirapine.selama konsumsi nevirapine sy baik baik saja.tapi masalah efek samping muncul lagi...sebelum ARV hemoglobin saya 15.4...setelah pengobatan 28 hari hb saya turun jadi 10.5.padahal saya sudah konsumsi ferospat dan sangobion.bagaimana dgn masalah saya ini dokter?apakah akan di swicth lagi ARV nya?terlalu banyk di switch apa tdk mmbuat virus resisten?trimksh

Answer

Salam mas/mbak, efek samping setiap ARV memang berbeda pada setiap orang. Oleh karena itu selama penggunaan awal, baik secara klinis dan laboratorium. Adakalanya efek samping yang muncul adalah proses adaptasi. Pada keadaan ini ARV tidak diganti namun diberi obat untuk alergi atau obat yang mengurangi keluhan yang muncul saja. Bila muncul efek samping yang cukup serius seperti penurunan jumlah hemoglobin seperti kasus anda maka ARV yang digunakan harus diganti. Hal tersebut tidak menyebabkan virus menjadi kebal terhadap ARV. 
Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut mengenai hal ini dengan dokter yang merawat.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.