Question #25059

views

1203

gejala IMS

sy pria 29th 3minggu lalu sy melakukan hubungan seks berisiko dan beberapa hari kemudian gejala GO seperti keluar cairan kekuningan dan perasaaan panas saat kencing. Seminggu setelah terasa gejala sy ke dokter umum dan disuntik serum lalu dikasi obat cpx500 (3×1) dan CFX 100(3×1) setelah habis dosis 3hr masih blm sembuh benar menurut dokter bakterinya bkn hanya GO tp ada kemunkinan chlymidia dan HSV akhirnya sy dikasih obat minum amo 500(6 butir sekaligus minum dtempat) dan dikasih resep obat mezantrin dan harclov dosis (3×1) Pertanyaan saya: Apakah pengobatan dokter itu tepat? Krn smpe hr ini obatnya mezantrin n Harclov nya mau abis msh terasa aga panas dan ga nyaman di batang penis. Apakah sy perlu cek lab juga utk memastikan yg bnernya gmn? Tksh Atas pencerahannya dokter
Salam

Answer

Hai,
Secara klinis, infeksi gonorrhea memiliki gejala yang khas. Pada pria umumnya berupa keluarnya cairan berwarna putih kekuningan disertai rasa panas saat berkemih. Dengan riwayat adanya hubungan seksual, hal ini dapat dijadikan dasar untuk memberikan pengobatan gonorrhea. Akan tetapi, infeksi gonorrhea mungkin saja terjadi berbarengan dengan infeksi menular seksual yang lain, sehingga untuk menentukan pengobatan akurat perlu dilakukan pemeriksaan laboratorium.
Pengobatan untuk infeksi menular seksual rata-rata memberikan respons yang baik setelah satu minggu periode pengobatan. Hal ini disertai dengan abstinens (tidak melakukan hubungan seksual) selama masa pengobatan. Bila Anda masih merasakan ada gejala di kelamin, sebaiknya Anda datang ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lanjutan (termasuk pemeriksaan laboratorium). Melalui pemeriksaan tersebut dapat diketahui secara pasti kuman apa yang menyebabkan infeksi atau adanya kekebalan kuman terhadap obat yang diberikan, sehingga perlu diberikan pengobatan jenis lain.
Semoga jawaban ini dapat membantu Anda. Salam sehat.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana dokter mendiagnosa keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.