Question #25154

views

15408

gejala ruam hiv seperti apa?

Dok, sy pernah brhubungan beresiko krn jajan tanpa kondom pd awal desember 2015 lalu & senggama pakai kondom dgn seseorang pertengahan januari lalu. tgl 7 maret lalu saya tes vct dgn hitungan jarak waktu jendela pada hubngan beresiko yg pertama & hasilnya non reactive. namun saya masih resah krn sex yg terakhir hingga saat ini belum melewati masa jendela. punggung saya ada ruam sejak lama sebelum faktor resiko terjadi & saya memang punya alergi dingin & debu yang bisa membuat saya pilek. mengingat hal yang saya alami, saya jadi sulit menebak gejala di tubuh saya. Seminggu terakhir ini saya terkena ruam d punggung, ada yg gatal ada yg sakit seperti bisul, namun tidak demam. saya saat ini sedang fisioterapi untuk pinggang saya dan diberi obat analgesik, namun kepala saya agak serasa melayang dan migrain. adakah saran dokter yang bisa mengurangi keresahan saya? Dan bisakah saya tes vct sebulan setelah tes vct pertama dengan dasar ukuran dari masa jendela pada hubungan sex terakhir?apakah tes vct akurat?ruam yang dimaksud pada hiv seperti apa?apakah ruam timbul bersamaan dengan demam?saya sangat takut. Mohon jawabannya, terima kasih

Answer

Selamat pagi dan terima kasih untuk pertanyaannya. Melihat penjelasan yang sudah diberikan bahwa sudah melakukan pemeriksaan test HIV post window periode, maka harusnya non reaktif adalah hasil finalnya. Tidak ada salahnya bila test HIV lagi untuk memastikan bahwa memang hasil non reaktif adalah hasil finalnya. Gejala seperti alergi makin timbul karena dingin dan debu atau timbulnya ruam dipunggung menunjukkan bahwa kekebalan sedang menurun. Walaupun seseorang non reaktif HIV, bisa saja kekebalannya turun akibat stress dan kekhawatiran yang berlebihan. Kekebalan yang menurun bisa akibatkan tubuh lebih sensitif terhadap penyakit. 
Test HIV yang dilakukan harusnya sudah akurat. Biasanya awal terinfeksi HIV jarang sekali yang timbul ruam.
Saya berharap jawaban saya ini mengurangi kecemasan yang dirasakan. Saya yakin kecemasan yang akan sangat berkurang bila sudah ada hasil test HIV sesudah melewati periode jendela sudah didapat.
Selamat bekerja.
 

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana dokter mendiagnosa keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.