Question #25993

views

1329

Gen 4 dan Gen 3

Dari website luaran;

"Ask your health care provider about the window period for the test you’re taking. If you’re using a home test, you can get that information from the materials included in the test’s package. If you get an HIV test after a potential HIV exposure and the result is negative, get tested again after the window period for the test you’re taking to be sure. If your health care provider uses an antigen/antibody test performed by a laboratory on blood from a vein you should get tested again 45 days after your most recent exposure. For other tests, you should test again at least 90 days after your most recent exposure to tell for sure if you have HIV."

Pertanyaan:
1. Apakah CMIA architech ag/ab bisa termasuk  dengaan antigen/antibody yang dimaksud CDC dengan 45 days ?
2. Other test : berarti selain combinasi ag/ab ya dok?
3. Berarti window periode 3rd gen 90 hari, 4th gen 45 hari.. begitu ya dok.?

mohon arahannya dok.. saya terkena gonore dari perilaku beresiko dgn psk walau pakai kondom. padahal kondom tidak rusak. oral pun juga pake kondom..smg arahan dokter dapat membantu kegelisahan sy.

terimakasih dok.

Answer

Salam mas, CMIA/Combo test adalah salah satu tes untuk HIV generasi ke empat yang menyatakan dapat mendeteksi infeksi HIV lebih cepat dari 12 minggu, yaitu sekitar minggu ke 4-6. Namun sebaiknya memang perlu di konfirmasi dengan menggunakan metode lain selain metode tersebut, setelah minggu ke 12. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi false negative karena virus "terlanjur" hilang dari peredaran darah dan masuk ke dalam organ kelenjar getah bening sedangkan antibodi belum terbentuk. Jadi bukan masalah pada generasi alat periksa. 
 
Gonorrhea memang mudah menular. Sentuhan dengan cairan tubuh yang terinfeksi dapat menyebabkan terjadinya penularan. 
 
Memang untuk infeksi menular seksual lebih baik berkonsultasi langsung dengan dokter di layanan infeksi menular seksual yang ada di rumah sakit umum, Puskesmas atau di Klinik Angsamerah agar mendapatkan penjelasan lebih lengkap sehingga dapat mengurangi kecemasan anda. 

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana dokter mendiagnosa keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.