Question #25266

views

1888

Handjob dan HPV

Selamat pagi dokter di Angsamerah, salam sejahtera

Saya mau bertanya hal berikut, jadi begini 3 hari lalu saya menerima Handjob dari therapis di salah satu tempat pijat. Sebelum handjob therapist tersebut memijat badan saya kurang lebih 30 menit menggunakan lotion dan melakukan handjob kepada saya dengan menggunakan lotion. saya tidak memperhatikan apakah ditangan therapist tersebut ada warts atau tidak.

Yang jadi pertanyaan saya :
1. Apakah bisa penularan HPV melalui hand to genital contact seperti handjob? Dimana dalam kasus saya dari tangan therapist tersebut?
2. Katakanlah di telapak tangan therapist tersebut ternyata ada warts. Apakah bisa menular ke genital?
3. Apakah HPV berbahaya pada pria? Karena saya baca" katanya HPV dapat dilawan oleh antibodi dan bisa hilang sendiri tanpa gejala apapun.
4. Apakah sebenarnya handjob memiliki resiko PMS? Kalau handjob beresiko lalu apa saja resiko PMS melalui handjob ya sok?

Saya benar" menyesal telah melakukan hal tsb. Saya hanya melakukan sebatas handjob saja, dan tidak melakukan hal lainnya. Dan sekarang saya sangat khawatir terkena HPV, dikarenakan saya ada anxiety disorder dan OCD.

Tolong dijawab ya Dok, saya sangat berterimakasih atas jawaban yang dokter berikan. Sukses selalu untuk klinik Angsamerah.

Answer

Salam sejahtera juga mas. 
Genital warts hanya ada di area genital dan anal saja. Paling banyak di area penetrasi seks, tapi juga bisa di temui di area pubis. Bisa terjadi walau jarang melalui proses autoinculasi artinya virus menempel dari tempat lain seperti tangan yang baru menyentuh genital wart.
HPV tidak ada terapi. Tindakan yang dilakukan hanya untuk menghilangkan warts yang muncul dan pada sebagian besar kasus HPV dapat hilang tanpa pengobatan dalam dua tahun. Beberapa tipe HPV juga menyebabkan kanker. 
Ada beberapa infeksi menular seksual ditularkan melalui hand job bila orang tersebut menyentuh cairan yang mengandung kuman gonorrhea, sifilis, chlamydia, non gonorrhea uretritis. 
Bila anda mengalami keresahan akan hal ini, saran saya sebaiknya anda memeriksakan diri dan berkonsultasi pada institusi kesehatan yang memberi layanan kesehatan reproduksi dan infeksi menular seksual seperti di klinik angsamerah agar anda mendapat jawaban yang memuaskan atas masalah anda

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.