Question #26036

views

1462

hasil tes metode CMIA

Halo dokter blog angsamerah..
Saya ingin bertanya apakah pemeriksaan yg dilakukan dengan metode CMIA pada hari ke 85 dari eksposure dgn hasil NR dapat menjadi hasil akhir tanpa melakukan tes di 1 bulan pertama ?
mengingat utk metode tes cmia mendeteksi antigen dan antibody. Antigen p24 yg saya cari tahu terbentuk pada minggu" awal kalau tidak salah sekitar mgg ke 4-6. Yg saya bingungkan apabila saya  melakukan tes hiv dgn metode CMIA hanya di minggu ke 12 / hari ke 85, antigen p24 tidak terbaca ? Apakah demikian dok ? Mohon penjelasannya dok.
terima kasih banyak sebelumnya angsamerah.

Answer

Salam mas/mbak, antigen P24 hanya bertahan sampai minggu ke 6 setelah itu masuk ke sistem kelenjar getah bening sehingga tidak dapat lagi ditemui dalam darah dan tubuh mulai membentuk antibodi yang akan mulai dapat dideteksi pada minggu ke 12. Oleh karena itu hasil pemeriksaan diantara minggu ke 6-12 dapat memberikan kemungkinan negatif palsu.

Bila anda langsung melakukan VCT pada minggu ke 12, tanpa melakukan VCT di minggu ke 4, maka hasilnya pun dapat diterima sebagai hasil akhir atau final.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana dokter mendiagnosa keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.