Question #25715

views

1386

hasil tes VCT dan Papthin

Dear Doctors,,,
mohon bantuan Dokter untuk menerangkan hasil VCT dan Papthin sy. sy wanita single 31 th melakukan VCT dan Papthin di AngsaMerah 28 juli 2017 dg dr. Adiyana Esti. hasil VCT sudah dapat diketahui pada hari yg sama. 7 agustus 2017 sy memperoleh hasil Papthin. berikut sy recap hasil VCT dan Papthin:
VCT test result(vagina swab) :
PMN positive
Diplococcus Negative
Trichomonas Negative
Ph 4,8
Sniff test Negative
Clue cell Positive
Coccus Negative

dan hasil Papthin sbb:
Specimen : Cervical Swab
Clinical Summary : Routine, LMP:30/06/17
Specimen Adequacy : Satisfication for evaluation , Endocervical cells present
General Category/Interpretation : Negative for intraepithelial lesion or malignancy
Recommendation : Repeat smear as scheduled
Comment : -

seminggu setelah VCT dan Papthin tgl 3 agustus 2017 sy haid dan yang sy mau tanyakan:
1)apa arti dari gabungan hasil VCT dan Papthin ?
2) tidak dicantumkan kapan tes papthin dan vct lagi jd mohon petunjuknya kapan waktu terbaik buat sy melakukan tes ulang berdasarkan hasil 2 tes tersebut dan mohon infonya tes / treatment apa yg dibutuhkan lagi utk sy?
3) mohon penjelasan utk Ph 4,8, PMN positive, clue cell positive dan Endocervical cells present ? apakah hasil tersebut karna sy test seminggu sebelum haid? atau ditemukan indikator berbahaya?
4) saat sy mengetik ini sy pun masih haid bu/pak Dokter , jadi apa yg harus sy lakukan setelah memeroleh hasil tes tsbt?mungkin treatment yg bisa sy lakukan dirumah
5) apakah ada indikator sy kena kanker servik?
6) maafkan keparnoan/ketakutan/kekhawatiran sy yg berlebih ,, mohon infonya apakah ada dan apakah bisa makanan (buah ato sayur) tradisional / herbal agar kondisi sy membaik (selain berobat ke Dokter tentunya)
7) konsultasi dan perobatan selanjutnya , sy harus ke SpOg atau SpKk? bisakah tolong rekomendasikan RS ato klinik dg nama dokterny utk permasalahan sy

Maaf Dokter, sy belum dapat datang langsung konsultasi/periksa/menjalani tes yg perlukan selanjutnya karna sedang haid sehingga banyak pertanyaan yg sy sampaikan. tapi sy berkomintmen utk mengatasi masalah kesehatan sy ini.
Mohon bantuannya Dokter, Terimakasih banyak atas waktu Dokter
Salam,

Answer

Selamat siang, Terima kasih atas pertanyaannya.
Menanggapi pertanyaan yang diajukan, pertama-tama harus saya jelaskan bahwa VCT tidak sama dengan Thin prep pap smear.
VCT (Volunteer Counselling Test) adalah Counselling yang diberikan konselor HIV sebelum seseorang setuju melakukan test HIV dengan cara pengambilan darah.
Thin pap adalah test pap smear, test untuk deteksi dini kanker serviks terhadap seorang wanita .
Jadi pemeriksaan bisa dilakukan bersamaan tapi tujuannya berbeda.

  1. Hasil VCT biasanya 30 menit setelah pengambilan darah. Sementara hasil Thin pap biasanya baru bisa didapat 7 hari kerja setelah pengambilan sampel. Bila pemeriksaan dilakukan pada waktu yang sama maka anda akan mendapat 2 hasil dimana hasil VCT pada hari pemeriksaan dan Thin prep 7 hari kerja setelah pengambilan sampel.
  2. Umumnya VCT dilakukan tiap tahun bila anda mempunyai steady partner idealnya bila sudah melewati window periode, sementara pap smear juga dilakukan tiap tahun sekali.                     Bila HIV positive, pengobatan harus dikonsultasikan ke dokter. Sementara bila ada tanda keganasan dari hasil pap smear, harus konsultasi ke SPOG. Tetapi bila hasil tidak ada tanda keganasan, maka bisa langsung dilakukan vaksin HPV.Anda tidak sebutkan hasil test HIV, bila negatif dan sudah melewati window periode, kemungkinan hasil finalnya. Tapi bila positif diskusikan dengan dokter di layanan HIV.
  3. Hasil yang anda tanyakan: PMN positif bisa sebagai tanda mungkin anda terinfeksi Clamidia. PH diatas normal, clue cell + dan bila ada discharge dan ada snift test + kemungkinan anda terinfeksi Bakteri Vaginalis. Baiknya konsul ke dokter anda sehingga bisa mendapat obat yang tepat.
  4. Pengobatan baiknya di konsultasikan dengan dokter.
  5. Dari hasil pap smear yang anda tuliskan, tidak ada tanda perubahan sel serviks menuju ke keganasan, artinya anda tidak kena kanker.
  6. Makan buah dan sayuran adalah sehat, membantu meningkatkan imunitas tubuh,
  7. Karena hasil anda tidak mengkhawatirkan , kecuali yang HIV, maka anda tidak perlu ke dokter lagi.

Demikian saya sampaikan dan semoga jawaban saya ini menenangkan mba. Salam angsamerah.
 

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.