Question #26898

views

2690

Hasil Test VDRL/RPR dan TPHA

Selamat Siang Rekan Dokter Angsamerah,
Perkenalkan saya Memet. Seorang laki-laki dan telah melakukan kegiatan berisiko berupa VAGINAL SEKS TANPA PENGAMAN dengan kondisi PSK tersebut sedang MENSTRUASI. Sebelumnya saya sudah melakukan test HIV dengan Metode CMIA dengan hasil NON REAKTIF di Hari ke-60 / Minggu ke-8 / 2 Bulan. Jawaban dokter pun mengatakan hasil ini sudah menjadi final dan konklusif karena sudah melewati Window Period yaitu 6 Minggu. Karena masih parno akibat kejadian ini, maka saya melakukan pengecekan PMS yang lain yaitu SIFILIS. Test yang saya lakukan tepat pada hari ini atau Hari ke-110 / 15 Minggu / 3 Bulan adalah Test VDRL/RPR dan TPHA dengan hasil KEDUANYA NON REAKTIF. Apakah hasil ini sudah konklusif dok bahwa saya tidak terpapar penyakit SIFILIS? Saya mendapatkan informasi bahwa Window Period dari SIFILIS adalah 90 Hari atau 3 Bulan. Apakah benar dok informasi ini? Jika benar maka saya sudah melewati WP SIFILIS dan dapat dikatakan bebas dari Penyakit Menular Seksual ini? Mohon balasannya ya rekan dokter. Sekiranya balasan anda dapat melegakan kecemasan saya yang berlebihan. Terima Kasih Banyak Rekan Dokter Angsamerah.
Salam Sehat,

Answer

Salam mas, tes HIV dikatakan final atau konklusi bila tes tersebut dilakukan setelah 6 minggu dari perilaku berisiko tertular HIV terakhir. 
Sifilis memiliki masa inkubasi 10-90 hari. Bila setelah itu tidak muncul gejala apapun maka kemungkinan besar tidak terinfeksi. 

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Previous
Next

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.