Question #25070

views

798

Hepatitis b and c phobia

Dear dokter
Dok setelah baca2  ttg ims yaitu hep b,hep c dan hiv saya jd agak takut.saya baca hiv,hep b,hep c menular melalui hub sex dan darah.saya baca hiv langsung mati jika terkena udara/diluar tbh mns tp hep b dpt hidup 1mgu dan hep c dpt hidup 3mgu di luar tbh mns.saya tdk aktif scr sexual dan bkn pemakai narkoba.tp saya
Sering ptg rambut di salon yg tdk mewah tp bkn di bwh pohon yg kliper,gunting,razor ny mungkin tdk di ganti/bersihkn stlh di pakai konsumen 1 dan sering meminjam gunting kuku yg tdk saya bersihkn.skrg rambut saya sdh pjg kuku jg sdh pjg.saya ingin ptg rambut dan kuku.tp saya agak takut stlh baca hep b,c,hiv dpt menular melalui kliper,gunting,razor,gunting kuku yg ingin saya tnykn adalah
1)apakah bnr hiv,hep b,hep c dpt ditularkan melalui razor,kliper,gunting dan gunting kuku?
2)apakah ada kasus penularan hep b,c dan hiv melalui razor,gunting,gunting kuku,clipper yg terdokumentasikan?
3)haruskah saya bawa razor,gunting kuku,klipper sdri saat ke salon?
4)haruskah saya beli gunting kuku sdri?
5)haruskah saya tes darah hiv,hep b,hep c stlh dr salon/memakai gunting kuku org lain?
6)jika hrs tes darah kpn sebaikny dilakukan(brp bln dr peristiwa beresiko)?
Terima kasih

Answer

Selamat sore. Terima kasih untuk pertanyaannya.

1) Pertama-tama yang mau saya jelaskan khusus untuk HIV, penularan melalui razor atau keringat penderita sangat kecil atau bahkan tidak ada. Seperti yang sudah penanya jelaskan bahwa virus HIV dalam waktu kurang dari 5 menit bila sudah keluar dari tempat tinggalnya akan mati.
Sementara hep b,hep c dpt ditularkan melalui razor,kliper,gunting dan gunting kuku. Untuk itu akan baik sekali untuk tidak gunakan alat-alat tersebut milik orang lain.

2) Secara literatur dijelaskan adanya kasus penularan hep b,c melalui razor,gunting,gunting kuku,clipper tetapi dokumentasi penelitian belum saya temukan.

3) Seharusnya tiap salon sudah tahu tata cara (SOP) dalam prakteknya agar tidak membahayakan pelanggan. tetapi bila Penanya bisa bawa razor,gunting kuku,klipper sdri saat ke salon akan mengurangi atau hilangkan resiko tertular melalui penggunaan alat-alat tsb.

4) Baiknya gunakan gunting kuku sendiri untuk mengurangi atau hilagkan resiko tertular Hepatitis.

5) Test darah untuk hep b,hep c stlh dr salon/memakai gunting kuku org lain baiknya dilakukan  untuk memastikan bahwa Anda tidak tertular Hepatitis.

6) Tes darah untuk Hepatitis B dapat dilakukan 30-60 hari setelah infeksi.
Untuk virus Hepatitis B dan C memang beda masa inkubasinya. Khususnya untuk Hepatitis B pencegahannya dengan tubuh orang yang sehat menerima vaccin Hepatitis B. Dengan seseorang sudah menerima vaccin, maka resiko tertular Hepatitis B menjadi kecil.
Salah satu pencegahan lain yang dapat dilakukan bila belum dapat vaccin adalah dengan rutin memeriksakan HBsAg dan antinya untuk melihat adakah virus dalam tubuh atau tidak. Bisa juga menanyakan partner apakah sudah pernah mendapat vaccin Hepatitis B.
Demikian saya sampaikan, semoga jawaban saya ini dapat menenangkan Penanya.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.