Question #25144

views

1384

Herpes dapat terpapar HIV kah?

Selamat Siang dok,

Sebelumnya saya ini bersih, tidak melakukan seks bebas maupun bertukar pasangan, namun di tahun 2012 ketika saya mengenal seorang wanita dan berhubungan badan, beberapa bulan setelahnya mulai tumbuh beberapa gelembung berair di batang penis saya yang akhirnya diketahui bahwa saya mengidap herpes. Akhirnya saya melakukan perawatan berupa pengolesan pada daerah yang terkena dan mengkonsumsi obat seperti acyclovir.
Tidak lama setelah mengenal wanita tersebut dan mendapati virus ini, saya tinggalkan pasangan saya dan di tahun 2013 saya bertemu dengan pasangan baru yang rencananya tahun depan akan menikah. Hubungan kami sudah berjalan 3 tahun dan masih berhubungan badan tanpa pengaman (ketika herpes sedang tidak aktif)
Pertanyaannya adalah:

  1. Apakah saya dapat terpapar HIV?
  2. Apakah hubungan seks tanpa pengaman dan herpes sedang tidak aktif beresiko menularkan herpes ke pasangan?
  3. Apakah pasangan saya bisa terkena herpes meskipun dia tidak menimbulkan gejala?
  4. Bagaimana cara aman untuk mengkonsumsi obat seperti acyclovir? Karena terakhir kalisaya memakan satu butir, jantung saya langsung berdebar - debar.
  5. Apakah HIV dapat terdeteksi ketika saya sedang berada di 'masa jendela' ?

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih untuk dokter yang akan membalas pertanyaan saya.

Answer

Halo,
terima kasih untuk pertanyaannya. Berikut kami coba menguraikan apa yang ingin Anda ketahui:

  1. Penularan HIV terjadi melalui pertukaran cairan tubuh (darah dan/atau cairan seksual), sehingga tiap orang yang mengalami pertukaran cairan tsb berisiko terpapar HIV. Dalam hal Anda, melakukan hubungan seksual dengan pasangan tanpa menggunakan kondom dapat dianggap sebagai perilaku berisiko. Apabila Anda dan pasangan Anda sudah terbukti HIV negatif, baru lah dinyatakan Anda tidak berisiko tertular HIV.
  2. Penularan herpes genitalis terjadi melalui kontak antara lesi (luka) dengan kulit melalui kontakĀ seksual. Hal ini tetap bisa terjadi meskipun orang yang memiliki virus tidak menunjukkan tanda dan gejala infeksi. Penggunaan kondom dipercaya mengurangi kemungkinan penulaan herpes dari satu orang ke orang lain, meski tidak selalu efektif.
  3. Pasangan Anda mungkin tertular herpes dan tidak menunjukkan gejala. Pada beberapa kasus, keluhan munculnya vesikel (gelembung berair) sebagai gejala herpes bisa terjadi bertahun-tahun setelah infeksi terjadi. Gejala ini disertai dengan rasa tidak enak badan yang menyerupai flu.
  4. Penggunaan acyclovir perlu mengikuti saran dokter saat meresepkan obat tersebut. Tips untuk mengonsumsi acyclovir adalah banyak minum saat sedang dalam terapi acyclovir. Obat ini dapat dimakan dengan/tanpa makanan, meski untuk kebanyakan orang obat yang diminum setelah makan membantu mengurangi munculnya keluhan pencernaan. Efek jantung berdebar seperti yang Anda sampaiakn, jarang dijumpai sebagi efek samping acyclovir.
  5. Seseorang yang berada dalam masa jendela, bisa saja sudah terdeteksi bila mengalami infeksi. Angka kejadiannya tidak banyak, namun memungkinkan. Dianjurkan bagi mereka yang berisiko tinggi tertular HIV untuk rutin memeriksakan diri agar mengetahui status HIV nya.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.