Question #26350

views

1711

HIV

Malam dok, saya pria.. saya telah melakukan oral sex dan frenchkiss  dengan mulut wanita yg sariawan, saya takut dia hiv+.. apakah penyebaran virus hiv bisa terjadi pada saya ? dan berapa % virus akan masuk ketubuh saya ? mohon infonya dok..

Answer

Selamat siang. Terima kasih atas pertanyaan yang diajukan. Penularan HIV melalui oral seks resikonya sangat kecil. Dalam penularan  perlu dipertimbangkan : adakah microlesi ( luka yang yang cukup besar untuk dilalui virus dari orang yang terinfeksi HIV kepada orang yang sehat), bagaimana immune system penerima virus, artinya kalau saat virus masuk dan kekebalan orang yang sehat bagus, kemungkinan virus bertahan juga kecil, sebab akan dilawan immune system orang yang akan terinfeksi HIV dan jumlah virus yang masuk yang tidak dapat dilihat dengan kasat mata.
Agar terinfeksi HIV ketiga hal diatas akan menentukan apakah seseorang akan terinfeksi atau tidak.
Keadaan yang mungkin mengakibatkan seseorang terinfeksi HIV karena french Kissing dimana keadaan ini sangat jarang terjadi disebabkan partnernya ada luka berdarah dalam mulutnya akibat luka pada gusi dan darahnya tentunya massive ( banyak sekali ) Bila partner yang akan terinfeksi ada sariawan, mungkin saja bisa terinfeksi, tetapi resiko ini sangat kecil bila dibanding dengan akibat perilaku seks lainnya.
Buat mas, perlu dicek apakah partnernya saat itu ada luka digusi yang menimbulkan darah yang banyak dan apakah saat itu mas ada luka seperti sariawan yang merupakan pintu masuk virus HIV.
Demikian penjelasan saya semoga ini membantu.
 

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana dokter mendiagnosa keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.