Question #25857

views

9200

Hiv dapat menular dari luka di kuku jari

Dok, bulan november awal saya membantu saudara yg terjatuh dikamar mandi dengn beberapa luka berdarah, saya beberapa kali membopongnya ketika membawa kerumah sakit. Saya punya kebiasaan mengorek2 jerawat dan kuku jari kaki sampai berdarah. Dikemudian hari baru saya tau saudara saya tersebut penderita aids. Apabila ada percikan darah yg tidak saya sadari dijari saya yg kemudian saya gunakan utk mengorek2 jerawat atau kuku jari kaki sampai berdarah apa saya bisa tertular hiv. Seberapa besarkah kemungkinan penularannya. Saya takut sekali karena dua hari ini tiba tiba saya mengalami sakit nyeri otot dan kemudian demam tinggi selama dua hari. Dihari ketiga sih demam dan nyeri otot sudah mereda setelah berobat ke dokter umum.  Tapi saya sangat takut,  saya baca2 infeksi hiv baru muncul sebulan setelah kejadian. Tolong sarannya dok.

Answer

Salam mas/mbak, kebiasaan mengorek jerawat dan kuku bukan kebiasaan baik dan berpotensi menimbulkan infeksi di kedua daerah tersebut. Sebelum dan sesudah melakukan perawatan dengan orang sakit sebaiknya anda mencuci tangan. Untuk menghindari penularan penyakit. 
 
HIV sendiri akan mudah menular bila darah yang masih segar bertemu luka yang masih baru. Bila darah sempat mengering maka virus HIV akan mati.
 
Bila anda takut terinfeksi ada baiknya anda melakukan konseling dan tes di layanan HIV agar mendapat keterangan yang lebih jelas mengenai penularan HIV yang mungkin tidak dapat dipaparkan di sini.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.