Question #25435

views

896

HIV TES setelah 1 tahun

selamat pagi. perkenalkan nama saya riza 32 th asal bandung.
pertama perkenankan saya bercerita.
satu tahun lalu tepat bulan november 2015 saya melakukan prilaku beresiko karena pergaulan yang salah.
pertama saya mencium wanita bertindik di lidah disebuah Klub malam, kemudian saya di Oral sex dan kemudian melakukan hubungan intim menggunakan pengaman (kondom).
saya menyesali perbuatan tersebut karena khilaf. saya takut sekali beresiko sehingga saya melakukan tes HIV sendiri.
1. saya melakukan tes HIV sendiri +- 100 hari setelah perilaku beresiko menggunakan 3 buah alat tes Strip merek mono, dan hasilnya 1 garis (negatif Menurut petunjuk manual penggunaan)
2. saya melakukan tes kembali setelah 6 bulan dari tes pertama (9 bulan setelah prilaku beresiko) menggunakan 4 buah alat tes (2 buah Strip tes HIV Merek Mono dan 2 buah SD tes HIV Merek Answer).
hasilnya negatif menurut petunjuk manual penggunaan (1 garis pada 2 buah alat tes srtip merek mono dan 1 garis pada 2 buah alat tes SD Merek Answer pada garis Control)
3. saya melakukan tes kembali tepat setelah 12 bulan dari prilaku beresiko tersebut menggunakan 2 buah alat tes SD Merek Answer dan hasilnya negatif menurut petunjuk manual penggunaan.
(1 garis pada 2 buah alat tes SD Merek Answer pada garis Control)

saya kemudian berkonsultasi dengan rekan saya yang bekerja di lab Pemerintah, mmengenai masalah ini. beliau berkata lebih baik saya diperiksa di lab karena penggunaan alat tes yang saya lakukan tidak menggunakan buffer dalam prosesnya.
padahal saya menggunakan semua alat tes menggunakan murni darah yang ditusukan menggunakan jarum lancet steril, tidak menggunakan Serum / Plasma.
yang saya ingin tanyakan apakah pemeriksaan yang saya lakukan selama ini menggunakan alat tes Strip dan SD tidak memberikan hasil akurat, dan apakah harus di periksakan di LAB ?
karena ke khawatiran rekan saya itu Negatif Palsu.

Answer

Salam mas Riza. Untuk pemeriksaan HIV saran saya adalah ke fasilitas kesehatan yang memiliki layanan HIV agar anda tidak salah dalam melakukan pemeriksaan. Kedua anda dapat penjelasan mengenai hasil test anda. 
Negatif palsu terjadi bila dilakukan pada masa jendela. Namun anda sudah melakukan test setelah 12 bulan berarti masa jendela sudah dilewati. Jadi yang anda perlukan adalah test konfirmasi ke layanan HIV sekaligus melakukan konsultasi untuk menurunkan kekhawatiran anda

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Previous
Next

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.