Question #25465

views

482

I’m odha and depressed

Sy seorang odha dan telah terapi arv selama hampir 5 bulan, ada beberapa efek samping (diluar efek samping mual, pusing,dll) yg saya rasakan adalah sy merasa sedih setiap malam dok, ada perasaan suicidal ( ingin bunuh diri), depresi (kehilangan semangat), saya mulai kehilangan nafsu makan, sy malas berinteraksi dg teman/ ngobrol, selalu negatif thinking dan gampang tersinggung.. dan dalam 1 minggu ini benar2 makin kacau dok..
Apakah ada tindakan yg harus saya lakukan dok? Penanganan medis dan non medis yang tepat utk kasus yg saya alami bagaimana..? thanks before dok, god bless u.. :)

Answer

Selamat sore, perasaaan negatif bisa timbul, tetapi ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Tidak mudah tapi menurut saya ini bisa membantu. Rasa sedih dan ingin bunuh diri bisa dikurangi dengan berpikir bahwa melakukan hal yang baik untuk orang lain akan menjadi suatu yang indah dalam hidup, Dari pada memikirkan hal yang negatif mulailah bertemu dan berinteraksi dengan dengan teman dan share hal yang baik. Saya yakin penanya tidak menginformasikan pada semua orang kondisinya sehingga berlakulah dengan biasa. Dengan nafsu makan yang turun mengakibatkan proses penyembuhan menjadi lama dan juga bisa akibatkan berat badan yang menurun dan bila hal ini dilihat teman Anda, mereka akan curiga.
Mungkin bisa belajar bermeditasi atau melakukan olah raga untuk mengalihkan pikiran negatif.
Demikian anjuran saya semoga ini membantu. Salam Angsamerah.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.