Question #26248

views

615

IUD untuk mencegah kehamilan

Selamat sore, dokter.
Saya dan pasangan baru saja berhubungan seksual pada pukul 2 pm (7 Agt). Sayangnya kondom yg digunakan tiba2 jebol, alhasil saya sempat melihat cairan putih agak kental di sekitar alat kelamin pasangan saya. Menurut Period Track app, kira2 tanggal 18 Agt saya akan mengalami menstruasi. Karena panik, saya memutuskan untuk meminum Postinor 2 pada pukul 3 pm, meskipun saat ini saya sedang ada dalam Low chance of pregnancy.
1. Apakah saya harus khawatir akan kemungkinan kehamilan meski sudah minum pil?
2. Pasangan saya bersikukuh untuk menambah kontrasepsi IUD dalam jangka waktu 5 hari untuk meningkatkan kemungkinan tidak terjadinya kehamilan. Bagaimana pendapat dokter?
Sekian, terima kasih.

Answer

Dear Mbak,

  1. Postinor merupakan kontrasepsi darurat yang dianjurkan untuk diminum dalam kurun waktu kurang dari 72 jam setelah melakukan hubungan seksual tanpa proteksi. Menurut penelitian dari WHO, konsumsi postinor dapat menghindari terjadinya kehamilan sebesar 99%.
  2. Kontrasepsi IUD merupakan alat kontrasepsi yang dipasang di dalam rahim. Biasanya jika ingin menggunakan kontrasepsi dalam jangka waktu lama, disarankan untuk menggunakan IUD karena IUD dapat digunakan hingga 10 tahun sehingga tidak perlu khawatir bila lupa menggunakan alat kontrasepsi. Efektivitas dari kontrasepsi ini dalam mencegah kehamilan mencapai 99%.

Semoga jawaban ini membantu. Salam.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Previous
Next

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.