Question #25599

views

1393

Jenis tes yang perlu diambil untuk STI

Halo dokter, ini mungkin ada 3 pertanyaan yang saling berhubungan.. semoga bisa dijawab...
1. saya ingin bertanya, untuk mengetahui infeksi Chlamydia dan GO apakah dengan melakukan tes vaginal swab sudah konklusif?
2. saya telah melakukan tes sifilis, HIV, troat swab, vaginal swab. dari antara tes tersebut semuanya negatif kecuali Clue cells dan candida. apa ini berarti saya sudah bisa bebas dari rasa khawatir terhadap chlamydia dan GO?
3. jika clue cells positif, tapi ph vagina 3,8 dan sniff test negatif apakah hal ini menandakan saya terserang infeksi bakteri ? (menurut hasil googling clue cells menandakan adanya BV (bakterial vaginosis)

setelah saya melakukan tes dan diberitahu dokter bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan,. karena sudah keburu senang mendengar berita dari dokter saya lupa bertanya detil tentang hasil test saya....
saya diberikan sebuah obat (1 kapsul) yang dapat langsung diminum, apa itu sudah cukup untuk menangani 2 hasil test positif saya ini? (blue cell dan kandida)

saya ucapkan terima kasih sebesar besarnya bagi dokter yang sudah sabar dengan panjangnya pertanyaan saya dan menjawabnya.

Answer

Salam mbak, untuk melihat chlamydia bisa diawali dengan pemeriksaan usapan cairan vagina. Bila ditemukan peningkatan jumlah sel darah putih kemungkinan ada infeksi. Bila tidak ada penyebab yang jelas, seperti adanya infeksi candida atau jamur atau bakteri lain maka dicurigai kemungkinan infeksi chlamydia maka tindak lanjutnya adalah dengan melakukan pemeriksaan DNA chlamydia. 
Untuk infeksi kuman gonorrhea, cukup dengan pemeriksaan usap dari organ yang terinfeksi, yaitu vagina, anus, dan tenggorok.
Clue cell adalah sel vagina dengan basilnya fungsinya sebagai penanda memang yang diperiksa adalah usap vagina bukan dari tempat lain. Keberadaannya tidak selalu disebabkan oleh infeksi atau proses peradangan. Bisa juga muncul pada keadaan menjelang ovulasi atau haid.
Pada proses peradangan memang clue cell akan terlihat sangat banyak namun harus juga ada tanda lainnya seperti peningkatan jumlah kuman, sniff test positif, peningkatan pH vagina dan juga sel darah putih yang meningkat. Adanya clue cell tidak perlu diobati namun dicari penyebabnya.
Pengobatan candida yang ringan cukup dengan obat jamur sekali minum untuk 1-3 hari. Jadi pengobatan untuk kasus anda sudah cukup. 

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.