Question #25534

views

871

Keabsahan test hiv

selamat malam Dok, saya mau tanya, pada desember 2015 saya melakukan donor darah di pmi, dan setelah 3 bulan tepatnya maret 2016 ketika mau donor lg, saya ditolak dengan alasan terduga kena hiv, bbrp hari kemudian saya melakukan pemeriksaan darah di lab terdekat dinyatakan indeterminate, dan 1 minggu kemudian melakukan test western blot dimana dinyatakan indeterminate kembali. 1 bulan kemudian awal april saya test darah lg dan dinyatakan negatif. Apakah hasil terakhir bisa dinyatakan sah? Terima kasih Dok atas waktunya.

Answer

Salam mas/mbak, bila anda diduga terinfeksi HIV maka sebaiknya dilakukan test penunjang karena di PMI bukan untuk diagnosa tetapi hanya untuk uji saring.
Bila hasil pemeriksaan tersebut hasilnya indeterminate maka harus dilakukan test dengan metode lain seperti CMIA, rapid test. Dari hasil tersebut dibandingkan dan baru dapat dinyatakan sebagai diagnosa.
Agar anda tidak mengalami kebingungan saat mendapatkan hasil test, saran saya lakukan test tersebut di layanan HIV seperti di klinik atau fasilitas kesehatan seperti puskesmas, RSUD atau Angsamerah

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.