Question #25675

views

2141

Keakuratan tes hiv

selamat siang dok,

Beberapa waktu yang lalu saya melakukan mcu yang merupakan program tahunan dari perusahaan saya dok, nah dari hasil lab saya didiagnosa positif hiv. Setelah itu saya dirujuk buat konsultasi di klinik vct salah satu rsud disini. Sesuai dengan SOP saya disuruh tes lagi untuk mengetahui hasilnya, nah hasil tes di rsud menunjukkan hasil negatif dok. Dokter yang menangani saya di klinik vct jadi agak bingung, pertama dari hasil lab tempat saya mcu positif trus dites lagi di rsud hasilnya negatif. Selanjutnya saya disarankan untuk tes lagi di lab swasta yang lain. Hasil tes ketiga saya juga menunjukan hasil negatif dok. Untuk riwayat tindakan beresiko terakhir tahun 2013 bulan desember, itu pertama kali saya melakukan tindakan beresiko dan terakhir kali juga dok. Yang mau saya tanyakan, menurut analisa dokter nih, kok bisa ya hasil tes pertama saya menunjukan hasil positif?

Answer

Selamat sore, terima kasih atas pertanyaannya. Hasil dinyatakan positif apakah dilakukan dengan 3 pemeriksaan HIV pada waktu yang sama dan sudah melewati periode jendela?
Seseorang dapat didiagnosa positif bila sudah melewati window periode dan 3 test yang dilakukan menunjukkan hasil positif. Bila dari 3 test yang dilakukan ada yang hasilnya positif dan negatif, maka pasien dianjurkan untuk periksa ulang 3 bulan setelah pemeriksaan
Melihat perilaku beresiko yang dilakukan terakhir adalah desember 2013, tentunya sudah melewati periode jendela. Tapi agar pasti bisa lakukan test HIV ulang untuk mendapat hasil final, dengan catatan sejak melakukan perilaku beresiko terakhir pada Desember 2013 sampai saat akan diperiksa lagi tidak melakukan perilaku beresiko.
Hasil test HIV bisa saja positif palsu karena misalnya ada infeksi syphilis,  
Demikian jawaban saya, semoga ini membantu.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.