Question #25476

views

4775

Keluhan hymen microperforate

Dok, saya mau tanya karena saya memiliki masalah yang yang lumayan tidak lazim terjadi. Saya saat ini berumur 26 tahun dan hormon saya sudah mulai mempertanyakan hal seputar seksualitas, maka saya pun mencoba melakukan pemeriksaan lewat cermin dan membandingan vagina saya dengan gambar anatomi vagina yang saya dapat dari internet. Kebanyakan vagina2 yang ada memiliki pembukaan yang kasat mata sedangkan saya tidak, saya tidak pernah meilhat ada lubang. Kemudian saya memasukkan jari tetapi hanya 1 ruas jari saja yang berhasil masuk karena terlalu sakit walaupun saya sudah menggunakan lube. Dan juga ketika 1 ruas jari tersebut sudah di dalam, saya merasakan seperti ada dinding yang menghalangi jari saya utk bisa masuk seluruhnya. Ketika saya mencoba menekan terdapat sakit yang luar biasa. Lalu kemudian saya meraba untuk mencari pembukaan dan hanya menemukan pembukaan sebesar 0.5cm
Barulah saya coba ingat2 kembali, pada waktu kecil dulu saya pernah mengalami masalah medik yang besar. Singkat cerita saya telat pms dibanding teman yg lain, dan sering mengalami keram perut. Akhirnya saya meminta untuk pergi ke dokter dengan orangtua. Dilakukanlah tindakan seperti endoskopi tetapi alat dimasukkan dari anus dan tim medis menemukan gumpalan benda asing. Dokter mengira gumpalan tsb adalah kista, sehingga harus dilakukan tindakan. Tetapi menit menjelang tindakan dokter baru sadar bahwa gumpalan tersebut bukan kista melainkan gumpalan darah menstruasi yang mengendap dan tidak bisa keluar karena saya tidak memiliki lubang vagina. Dokter menyarakan untuk melakukan tindakan pembukaan selaput dara. Namun pada saat itu mungkin orangtua saya tidak menyadari permasalahan yang kompleks ini dan khawatir lewat operasi tersebut saya akan tidak perawan lagi. Sehingga orangtua saya hanya mengizinkan dokter untuk membuka lubang yang kecil sehingga hanya darah menstruasi saja yang bisa lewat.
Setahun lagi saya berencana menikah, jika jari saya saja tidak bisa masuk. Bagaimana saya dapat memberikan nafkah batin kepada calon suami saya.

Answer

Salam mbak, vagina yang masih memiliki selaput dara atau hymen, memang hanya sekitar 1 jari saja yang dapat masuk karena hambatan dari selaput dara tersebut. Namun liang vagina secara normal cukup elastis, bahkan dapat meregang sampai dapat dilewati bayi ketika melahirkan. Dinding vagina sendiri biasanya memang saling menempel. Saya tidak dapat memastikan situasi vagina anda karena tidak melakukan pemeriksaan. 
Jadi bila anda bingung dengan situasi ini, silahkan menemui dokter ahli kandungan untuk melihat dan memeriksa lebih lanjut kondisi anda.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.