Question #25861

views

232

keputihan

Dear Doctor.
mau tanya dok, saya sudah lama mengalami keputihan. awalnya saya ga begitu perduli karena saya pikir hal yang normal dan akan segera hilang tapi ternyata ga berhenti sampai detik ini.
awal mula keputihan yang saya alami karena saya memakai pantyliner and setelah saya kena keputihan ini saya jadi harus pakai pantyliner terus karena jumlah cairan yang keluar tidak sedikit dan jika dalam sehari saya tidak ganti celana itu akan berbau kurang enak, saya sempat minum antibiotik untuk infeksi saluran kencing karena dulu saya di bilang ada sejumlah bakteri saat saya check darah dan urin tapi setelah minum antibiotik keputihan ga berhenti juga dok. dan saat ini saya mengalami hal aneh pada kulit saya. munculnya ruam pada bagian paha dan lengan gatal dan kalau saya mandi dengan air hangat itu berubah jadi merah. kira kira saya ini kena penyakit apa yah dok.

Answer

Selamat pagi, terima kasih untuk pertanyaannya.
Keputihan normal ada pada wanita pada sebelum dan sesudah haid, saat hamil dan saat melakukan hubungan seks, Penggunaan panty liner idealnya tiap 2 jam harus diganti dan usahakan area V selalu dalam kondisi kering. Minum antibiotik baiknya sesuai anjuran dokter dan konsumsi jangka lama juga bisa sebabkan timbulnya keputihan. Ruam bisa timbul diaderah paha bila ada jamur yang mengakibatkan gatal, tentunya bila mandi dengan air hangat bisa menjadi kemerahan. Untuk menentukan penyakit baiknya konsultasikan dan periksa ke dokter sehingga bisa diberikan obat yang tepat.
Demikian tanggapan saya, semoga ini membantu. Salam Angsamerah

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.