Question #26363

views

215

Keputihan Berlebihan

Dok, saya belum pernah menikah tp sudah pernah melakukan premartial sex. Hanya dgn 1 org yaitu pasangan sy sendiri. Begitupun dgn pasangan sy, dia hanya melakukan sex dgn sy. Kami tdk menggunakan kondom, frekuensi melakukan sex nya jg tidak sering, bahkan terakhir kami melakukan sekitar bulan april lalu, setelah itu tdk pernah lg. Sejak sudah tidak perawan lg, keputihan sy membanyak, dok. Warna nya putih kekuningan, kadang menggumpal hingga seperti ampas tahu dan banyak sekali, kadang berbau kadang tidak, dan gatal. Hingga skrg sy msh mengalaminya. Bulan depan kami berencana menikah. Apakah keputihan tsb berbahaya? Apa yg bisa sy lakukan utk menyembuhkan keputihan tsb? Perlukah sy melakukan check up ke dokter kandungan? Terima kasih.

Answer

Selamat siang. Terima kasih atas pertanyaannya.
Sebagai satu pasangan boleh saja melakukan hubungan sex tanpa gunakan kondom, asal keduanya sama-sama sudah cek STD dengan hasil negatif.   
Mengenai keputihan, seorang wanita akan keputihan secara normal, saat sebelum dan sesdah haid, saat wanita akan melakukan hubungan sex atau wanita yang sedang hamil. Bila terjadi keputihan yang berlebihan biasanya merupakan tanda bahwa pasien mungkin mengalami infeksi.
Agar bebas dari keputihan, baiknya anda melakukan pemeriksaan IMS bersama pasangan. Bila tidak diobati maka infeksi bisa naik ke kandungan dan ini bisa menghambat terjadinya kehamilan .
Anda bisa bertemu dengan dokter kami yang handle IMS terutama untuk menangani infeksi bila ada dan dokter kandungan untuk di cek apakah kandungan anda juga ada infeksi. Bila hasil pemeriksaan baik maka anda sehat.
Demikian tanggapan saya atas pertanyaan yang diajukan. Salam Angsamerah.
 

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana dokter mendiagnosa keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.