Question #25288

views

1492

keputihan berwarna kuning tak kunjung sembuh

selama malam dok, umur saya 22tahun saya ada keluhan keputihan berwarna kuning kental seperti tisu remuk, kadang berbau dan setiap hubungan seksual keluar darah. sedikit cerita, saya sudah bawa ke dokter kandungan, kata dokter bagian waktu itu saya lupa, antara mulut rahim atau leher rahim saya luka dan saya diberi obat yg dimasukan ke dalam vagina *lupa merk* selama 10 hari. saya pakai obatnya rutin 10 hari saya mendapati perut bawah pusar dan pinggang saya nyeri parah hampir setiap hari. saat obatnya habis keputihan saya tidak ada perubahan malah makin parah warnanya kuning kecoklatan.
disini saya mau bertanya
1. apakah ini gejala kanker serviks dok?
2. saya waktu SMP pernah vaksin hpv. apakah seseorang yg pernah vaksin hpv bisa terkena kanker serviks? karna saya seorang yg aktiv seks
mohan jawabannya ya dok. terima kasih

Answer

Salam mbak, mengenai keluhan yang anda alami, memerlukan pemeriksaan penyebabnya apakah infeksi atau keganasan atau yang lain. 
Bila itu infeksi mungkin perlu ditentukan jenis kuman dan apakah kuman kebal terhadap pengobatan (kultur resistensi) dan disesuaikan pengobatannya.
Bila ada tumor atau keganasan tentu membutuhkan pemeriksaan sejauh mana tumor tersebut dan jenisnya untuk menentukan tindak lanjut penanganannya. 
Vaksin HPV memiliki perlindungan sekitar 96%-100%. Semakin rendah efektifitasnya apabila vaksin diberikan setelah aktif melakukan hubungan seks dan pernah mengalami infeksi HPV. 
Kembali lagi silahkan kunjungi layanan kesehatan yang menyediakan pemeriksaan yang anda butuhkan. Semoga dapat menjawab kebingungan anda

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Previous
Next

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.