Question #25043

views

358

keputihan gatal dan berbau

Hallo dok, saya wanita 22tahun. Beberapa bulan yg lalu saya berhubungan sex dgn teman saya. Tak lama dr itu saya lgsg mengalami keputihan dengan rasa gatal dan bau yang mengganggu, dan kadang menimbulkan ruam akibat gesekan dgn pakaian dalam. Gejala keputihannya timbul tenggelam sampai saat ini, tapi lebih sering keputihan daripada tidak. Saya pernah di resepkan obat metrdinazol oleh teman saya yg bidan tetapi tidak berefek. Beberapa waktu lalu saya ke dokter umum di salah 1 RS, saya menyampaikan keluhan saya (tanpa mengatakan Karena tlh berhubungan sex) tetapi dokternya bilang saya hanya kurang menjaga kebersihan dan menganjurkan menggunakan antiseptik saat habis buang air, akan tetapi saya masih mengalami keputihan yg timbul tenggelam itu. Saya mau bertanya apakah ini pertanda saya terinfeksi penyakit seksual? Lalu saya ingin melakukan tes akan tetapi saya memiliki fobia terhadap jarum suntik, bagaimana ya dok?

Answer

Halo,
Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, keputihan mungkin disebabkan karena adanya infeksi menular seksual. Alangkah baiknya bila Anda memeriksakan diri ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan yang akan menjawab secara pasti penyebab keluhan Anda. Informasi yang terbuka akan sangat membantu dokter dalam menentukan sebab keputihan Anda. Bila keputihan tidak diatasi secara tepat, maka ada risiko infeksinya meluas dan menyebabkan kerusakan sistem reproduksi.
Mengenai fobia terhadap jarum suntik, tidak semua pemeriksaan dokter menggunakan suntikan. Dan tidak semua obat diberikan menggunakan suntikan. Untuk pemeriksaan keputihan, yang penting adalah memeriksa cairan dari kelamin untuk menentukan penyebab keputihan tersebut.
Silakan hubungi klinik kami untuk membuat janji temu dan kami siap membantu Anda.
Salam sehat.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Previous
Next

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.