Question #25605

views

2946

KGB simetris

siang dok ijinkan saya bertanya...
setelah perilaku beresiko sekitar 1 sampai 2 minggu saya muncul kgb di ketiak awalnya di kiri yg terasa agak sakit bila ditekan..lalu beberapa hari muncul jg di kanan dengan rasa yg sama namun tidak yg sakit sekali..
mohon kiranya dokter bisa menjelaskan bagaimana mengenai kgb pada hiv .. apakah muncul di window period atau pada tahap ke berapa...
jujur saya sangat ketakutan dengan hal ini...sementara saya tidal merasakan demam seperti yg di jelaskan pada gejala di window period...
tolong saya dok...
terima kasih

Answer

Salam mas/mbak, pembesaran kelenjar getah bening merupakan reaksi terhadap adanya infeksi di daerah sekitar kelenjar getah bening tersebut.
Pada kasus HIV pembengkakan kelenjar getah bening bisa muncul pada masa jendela, saat HIV positif dan saat mulai muncul infeksi oportunistik. Umumnya bersifat simetris, tidak disebabkan oleh sebab lain.
Penjelasan tentang hal ini cukup panjang dan mungkin sekali tidak menjawab persoalan anda. Jadi saran saya lebih baik anda memeriksakan diri anda untuk mencari penyebab pembengkakan kelenjar getah bening yang anda alami.
 

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana dokter mendiagnosa keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.