Question #25342

views

1205

Kista dan hiv

Halo dok..saya Line, tgl 30 Sept 2016 sy check up ke dokter kandungan karena saya mengalami sakit perut luar biasa. Selain sakit perut saya juga mengalami: (1 tahun terakhir )
1. keputihan bau menyengat dan berwarna hijau/coklat
2.menstruasi tidak teratur bisa 2 kali dalam sebulan
Saya di diognosa sakit kista. Tapi setelah itu dokter tersebut mengatakan "takutnya gejala hiv". Saya jadi takut dok karena 2 tahun terakhir saya berhubungan seksual berganti pasangan tanpa menggunakan kondom, 3 diantara nya pengguna marijuana dan ekstasi (tidak suntikan).
So far saya tidak mengalami gejala hiv seperti yang saya baca, tidak sakit kepala flu demam ruam2 .  jadi menurut dokter bagaimana? Terima kasih
 

Answer

Salam Line, dokter anda sudah melihat apa yang terjadi pada diri anda sehingga hanya beliau saja yang dapat menegakkan diagnosa pada diri anda. 
Untuk HIV sendiri, hanya bisa ditegakkan melalui pemeriksaan darah. Pada keadaan imun yang masih baik, infeksi HIV tidak menunjukkan gejala apapun. Gejala yang muncul disebabkan oleh infeksi oportunistik. Jadi saran saya lebih baik anda memeriksakan diri anda. Bila hasilnya negatif anda bisa melakukan pencegahan. Bila hasilnya positif, anda bisa berdiskusi mengenai langkah pengobatan selanjutnya.
Anda bisa mendatangi fasilitas kesehatan yang memiliki layanan HIV seperti di Puskesmas, Rumah sakit atau di klinik angsamerah.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.