Question #27269

views

819

Kombinasi ARV dan Cotrimoxzale

Pagi ibu dr, saya mau konsultasi orang tua saya penderita hiv, dia sudah mengkonsumsi cotrimoxazole sejak februari sudah 60 butir, dan sudah dua minggu terakhir dikombinasikan dengan ARV. Sekarang sudah pusing 3 hari dan tidak bisa tdr
Pertanyaan ,apakah tdk masalah mengkonsumsi kedua obat tersebut secara bersamaan?

Answer

Salam mas/mbak, bila jumlah CD4 rendah maka akan diberikan cotrimoxazole sebagai pencegahan terhadap penyakit yang mungkin timbul pada keadaan tersebut. Pemberian bersamaan dengan ARV sebenarnya relatif aman. Namun ada jenis ARV yaitu nevirapin yang memiliki efek samping dan reaksi alergi yang mirip dengan cotrimoxazole. Biasanya cotrimoxazole diminum pagi hari setelah makan.
Ada ARV yaitu efavirenz yang menyebabkan pusing, sakit kepala, mimpi buruk, sulit tidur. Namun efek samping ini akan hilang beberapa hari sampai beberapa minggu ke depan. Beri jarak minum ARV ini dengan makan terakhir. Bila minum ARV rutin pukul 9 malam maka makan terakhir adalah pukul 7 malam. Mengurangi makanan yang mengandung lemak dan karbohidrat tinggi mengurangi munculnya efek samping. Begitu juga dengan olahraga ringan akan mempercepat hilangnya efek tersebut. 
Tetap jaga minum ARV tepat waktu, tidak telat dan tidak bolong. 

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.