Question #25982

views

2522

Kondom, Gonore dan Resiko HIV

Salam dokter,

Saya pada Februari lalu melakukan hubungan beresiko dgn PSK dengan menggunakan kondom, dan ternyata tetap terkena gonore, pdhl menggunakan kondom baik untuk oral maupun vaginal. kemungkinan kondom bocor atau entah virus masuknya dmn? saya kurang faham, cuma saya melakukan fingering sebelum hubungan, pasca hubungan mungkin tangan saya yang msh basah dari lendir vagina menyentuh kelamin saya pas mencuci Mr P pasca hubungan dgn kondom.

Pertanyaan;

1. Window periode HIV umumnya 3 bulan untuk tes hiv gen ke 3. Bila sy mencoba melakukan tes Gen ke 4, pada minggu keberapakah waktu yang ideal untuk tes hiv gen 4 HIV CMIA ag/ab? krn website CDC menyatakan 28-45 hari, website lain menyatakan 28 adalah waktu yang pas, krn bila sdh 45 hari antigen akan menghilang.

2. Walaupun hrs ttp konfirmasi pasca 12 minggu, seberapa besar gen 4 bisa menggambarkan konfirmasi pasca 12 minggu?, mengingat ada yang bilang gen 4 mampu memangkas window peride lbh pendek.

Mohon arahannya dokter.

Terima kasih

Answer

Salam mas, penularan gonorrhea bisa dengan sentuhan dengan cairan yang terinfeksi.
Tes HIV menggunakan generasi ke 4 memang dianggap bisa memeriksa lebih cepat, umumnya sekitar 4-6 minggu. Lebih dari itu antigen akan menghilang sedangkan antibodi bisa saja belum terbentuk. Mengenai gambaran setelah masa jendela 12 minggu dibanding dengan pemeriksaan generasi ke 4, memang belum terlalu banyak yang kami dapatkan sehingga kembali pada teori mungkin bisa memberikan gambaran pada akhir masa jendela.
Bila anda masih merasa cemas ada baiknya bila melakukan konseling dengan dokter di layanan HIV agar mendapatkan penjelasan yang lebih baik.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.