Question #25445

views

843

Konsultasi dan Tes HIV, STD, serta Anal Smear di Angsamerah

Selamat siang, Dok.

Saya seorang homoseksual. Dua hari yang lalu, saya melakukan hubungan seksual dengan pria yang baru saya temui pada hari itu juga melalui sebuah aplikasi online dating. Pasangan saya sempat melakukan penetrasi anal ke saya tanpa kondom dan juga sempat ejakulasi di anal saya
Sekarang, saya sangat khawatir jika saya akan terkena STD atau tidak. Yang saya tahu, pelaksanaan tes HIV direkomendasikan 3 bulan setelah hubungan seksual untuk hasil yang akurat. Tapi, saya tidak tahu waktu ideal untuk tes STD lainnya.

yang ingin saya tanyakan adalah:
1. Apakah ada tes STD lain yang saya bisa lakukan dalam waktu dekat? karena baru 2 hari yang lalu saya melakukan hubungan seksual
2. Apakah saya bisa konsultasi dengan dokter di Klinik Yayasan Angsamerah dalam waktu dekat, tanpa melakukan tes?
3. Saya ingin lebih tahu mengenai anal smear. Apakah itu salah satu tes STD? Apakah anal smear direkomendasikan setelah berhubungan seks anal? Kapan waktu ideal melakukan anal smear setelah seks anal untuk hasil yang akurat?

Terima kasih, Dok

Answer

Salam mas, terima kasih untuk pertanyaan yang bagus. Saya akan mencoba menjawabnya.

  1. Tentu ada STD yang bisa diperiksa. Paling tidak untuk melihat riwayat terdahulu. Sebagai pertimbangan kuman gonorrhea memiliki masa inkubasi sekitar 2-10 hari setelah masuk ke dalam tubuh. Masa inkubasi sifilis antara 10-90 hari. Dan masa inkubasi untuk virus herpes adalah sekitar 2-24 hari setelah infeksi. 
  2. Bisa saja dengan melakukan janji temu terlebih dahulu agar mendapat waktu yang cukup untuk berkonsultasi.
  3. Anal smear adalah salah satu cara memeriksa kanker anus yang disebabkan oleh virus HPV. HPV sendiri merupakan salah satu infeksi menular seksual. Waktu yang tepat untuk melakukan anal smear adalah seminggu tidak melakukan hubungan seks anal.

 

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Previous
Next

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.