Question #27308

views

338

Konsultasi status HIV

Selamat malam dok.kakak saya diketahui positif hiv pada 30 mart 2020.menurut apa yg saya tau dan searching di internet bahwa semua gejala stadium akhir hiv ada pada kakak'saya.yg semakin keluarga sedih karena kesadarannya makin menurun dan semua anggota badannya semakin tidak terkontrol.(disamping gejala sariawan,diare,keringat berlebib dan berat badan yang semakin menurun).apa yg harus saya lakukan sementara'dokter melarang membawa pasien ke rumah sakit dengan alasan rentan terkena virus lainnya.

Answer

Salam mas/mbak, bila keadaan pasien tidak baik maka perlu dilakukan pemeriksaan infeksi oportunis (infeksi yang muncul bila sistem kekebalan tubuh menurun) apa saja yang ada. Bila ada, maka diobati terlebih dahulu infeksi tersebut. Misal bila ada TB maka perlu dilakukan obat TB terlebih dahulu, paling cepat 2 minggu kemudian diberikan ARV. Jadi kunjungan ke rumah sakit tetap diperlukan. 
Selain obat infeksi oportunis, perlu pengelolaan asupan gizi yang cukup, tinggi kalori, tinggi protein, cukup cairan. Jumlah kalori dan cairan ini jauh lebih tinggi daripada orang orang yang tidak sakit. Perlu berkonsultasi dengan ahli gizi untuk menghitung jumlahnya. Agar lebih mudah diserap sebaiknya dalam bentuk lunak atau cair. 

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.