Question #26041

views

799

Late Seroconversion??

dear dokter
selama 2017 januari - agustus, saya beberapa kali melakukan hubungan beresiko dengan beberapa wanita, dan 3 diantaranya (2 bulan maret, dan 1 agustus) tanpa menggunakan pengaman. setelah hubungan terakhir di agustus, saya langsung sakit beberapa hari, gejala2 flu. lalu di bulan januari 2018 (5 bulan paska hubungan terakhir) saya melakukan vct dengan tes rapid untuk hiv, dan sifilis vdrl (rpr), dengan hasil non reaktif untuk keduanya. lalu akhir februari (6.5 bulan paska hubungan terakhir) melakukan tes hiv metode anti ag/ab (CMIA) dan HBsAG dengan cut off di salah satu lab swasta dengan hasil non reaktif untuk hepatitis B, dan 0.07 untuk HIV (<1 non reaktif)
pertanyaan :

  1. menurut dokter apakah hasil ini sudah konklusif?
  2. saya tau jika menurut pedoman who dan kemenkes hasil 90 hari pasca pajanan hasilnya konklusif, namun saya googling ada beberapa kasus yg serokonversinya > 3 bulan
  3. apakah menurut pengalaman dokter sendiri setelah bertahun2 dalam bidangnya, untuk strain HIV di indonesia test yg dilakukan setelah 3 bulan (dan 6 bulan) yg saya lakukan sudah konklusif?
  4. sekedar informasi saya tidak menggunakan PEP, tidak pengguna jarum suntik, bukan dalam kemoterapi, tapi saat melakukan test hiv yg rapid, saya dalam keadaan flu, apakah flu bisa menyebabkan negatif palsu?

terimakasih atas perhatiannya dokter, mohon pertanyaan saya dijawab, terimakasih.

Answer

Salam mas, pemeriksaan HIV setelah 12 minggu dari aktivitas berisiko terakhir maka hasilnya sudah konklusif sesuai dengan standar yang ditentukan oleh Kementerian Kesehatan. 
Flu atau penyakit infeksi lain tidak mempengaruhi hasil tes. Jadi hasil yang anda terima memang demikian adanya.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Previous
Next

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.