Question #26901

views

1903

Luka terbuka yang menyebabkan virus masuk

Salam dok.mohon penjelasannya.
1. Sebenarnya luka terbuka seperti apa yang bisa menjadi pintu masuk virus HIV/Hepatitis/penyakit menular lainnya yang melalui darah.apakah luka terbuka yang mengalirkan darah sehingga memerlukan tindakan medis/perlu dijahit. Atau hanya mikrolesi yang tidak kasat mata pun bisa jadi pintu masuk virus?
2. Virus HIV menular melalui "kontak langsung", apa sebenarnya yg dimaksud dengan kontak langsung itu dok?contohnya seperti apa dok,supaya lebih paham.
3. Berapa lama virus HIV bisa hidup diluar tubuh manusia?ada yg bilang bisa sampai berminggu2 ada juga yg hanya dalam hitungan detik (kurang dari 1 menit).Dari yang saya baca,Ada yg mengatakan begitu darah yg ada virusnya terkena oksigen,maka virus HIV menjadi rusak sehingga meskipun darah masih basah dan ada Virus HIV nya,tetapi sudah tidak transmittable.apakah benar seperti itu dok?
Mohon penjelasannya dok,karena banyak sekali info diluar sana yg saya rasa kurang bisa dipertanggung jawabkan secara medis dan membingungkan.
Terima kasih Dokter.

Answer

Salam mas/mbak, setiap kulit dan mukosa yang mengalami luka dan infeksi merupakan pintu masuk yang potensial untuk proses penularan penyakit infeksi karena pertahanannya lemah. Luka bisa berupa luka mikroskopis bisa juga luka yang besar. 
Virus HIV sangat bergantung pada tempat hidupnya yaitu dalam sel CD4 yang terdapat dalam darah. Bila darah rusak  maka virus akan mati. Ketahanan virus tergantung kondisi lingkungan. Sinar matahari, larutan desinfektan mempercepat kematian virus. 

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.