Question #28042

views

531

Mahasiswa kedokteran pengidap hiv

Halo dok,
Saya pengidap hiv kebetulan mahasiswa kedokteran semester 6, keinginan hati ingin bisa lulus menjadi dokter, namun apakah saya bisa melanjutkan coas, atau harus berhenti di s.ked ya dok, kebetulan saya melihat beberapa dokter dan dokter gigi dengan hiv di seminar bisa tetap aktif membuat saya bersemangat untuk menjadi dokter, kebetulan status hiv saya belum ada orang yang tau termasuk keluarga, ingin untuk konsultasi kepada pihak kampus namun saya takut akan jadi omongan di kalangan dosen dan fakultas, atau mungkin di berhentikan dari kampus. Saya mohon saranya ya dok, terima kasih

Answer

Selamat siang,
Kalau anda sudah minum ARV, apalagi VL sudah undetect, anjurannya teruskan hingga lulus menjadi dokter. Bila anda belum buka status, coba cari bagian yang tidak perlu periksa HIV saat test masuk spesialisasi.
Selama Anda tidak melakukan tindakan invasif, harusnya tidak ada resiko menularkan HIV pada pasien. Dan saya yakin sebagai dokter dengan HIV tentunya juga tidak mau menularkan HIV pada pasien sehingga tentunya akan melakukan proteksi diri agar tidak tularkan penyakit pada pasien.

Semoga anjuran ini membantu.

Salam Angsamerah

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.