Question #25075

views

40495

masa jendela HIV

dok sya mw tnya
apa virus HIV bisa terdeteksi dgan waktu 3blan .... tpi knp ada yg bilang 6blan ya dokkk .... saya jde ragu atas tes yg sya lalukan dri perbuatan beresiko sya 4bln yg lalu ... sya lalukan tes hiv sdah lbih dri 4blan yg lalu dok . dgan hsil non-reaktif dok ... ap hasil sdah akurat ....

Answer

Selamat sore. Terima kasih untuk pertanyaan yang diajukan. Menanggapi pertanyaan yang diajukan dapat saya jelaskan bahwa masa pembentukan antibodi terhadap hiv adalah 3 bulan setelah terpapar dengan virus HIV. Yang dicari dalan rapid test adalah antibody terhadap virus HIV. Perlu juga diketahui bahwa pembentukan antibodi antara satu orang dg orang lain berbeda. Ada yang terbentuknya cepat dan ada yang lambat. Bila pasien jelas beresiko tertular HIV, karena selalu berhubungan seks tanpa proteksi atau punya partner yang terinfeki HIV maka diperkirakan resiko orang yang akan periksa juga besar, baiknya melewati 6 bulan post window periode periksa lagi untuk memastikan hasil memang negatif. 
Untuk Penanya bila merasa dirinya beresiko tinggi, agar lebih pasti baiknya periksa HIV lagi. Tapi bila dirasa resiko tertular kecil, karena partnernya hy melakukan hubungan seks dengan Penanya dan rutin cek HIV dan selalu gunakan kondom waktu hubungan seks maka pemeriksaan melewati window periode, 4 bulan, hasil negatif adalah hasil finalnya.
demikian penjelasan saya, semoga ini dapat menenangkan Penanya.
 

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Previous
Next

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.