Question #25862

views

2508

massa jendela hiv

Malam dok. Saya tes hiv pada tgl 28 november 2017.setelah melakukan hal berisko 2 tahun yang lalu. Dan hasilnya NR dgn mengunakan 3 alat tes hiv yang berbeda dn hsilnya keluar tidak lama ngk smpai 5 menit. Yang mau saya tnyakan

  1. 1.apakh saya bisa terinfeksi lewat luka terbuka? Karna sebelum saya ad yang tes dn positif hiv. Pada saat waktu pengambilan darah petugasnya menaruh alcohol pad kmdian stlh ngk smpai 5 alcohol pad ny sya lepas. yang saya tkutkn apkh brsiko trtlar? Di dlm ruangan tsb jika ad virus yng hidup. Ddlm ruangan tsb dn msuk melalui luka trbuka di pembuluh darah saya?
  2. 2.apakh hasil saya sudah valid dok? Karna sya tdk tes 3 Bulan ataupun 6 Bulan setelah hal berisiko. Saya tes setelah 2 tahun.
  3. 3.apakah benar massa jendal 1-5 tahun dok sehingga pada saat tes mengunakan rapid tes atau tes antibody tidak terseksi krna sya pikir mngkin antibodi tlh dikalahkan oleh virus sehingga antibody tidak terdeteksi
  4. 4. Apakh ad Kasus hiv tidak terdeteksi pada 1-5 tahun?
  5. 5.apakh massa jendala hanya 3 Bulan dan 6 Bulan?

Mohon dijawab dok akibat in saya sering merasa cemas krna ad artikel yg saya baca kalau 1-5 ad massa jendela atau hiv tidak terdeteksi. Ditmbh lagi saya mengalami batuk dn sering mengalami badan panas tpi tidak terlalu panas. Dn mnglmi pemngkakn di bawah rahang tapi tidak terlalu besar.

Answer

Selamat siang. Terima kasih untuk pertanyaannya. Sebagai informasi metode Rapid test butuh waktu 15 - 10 menit, jadi kalau lebih cepat dari 5 menit mungkin hasil kurang akurat.

  1. Virus tidak dapat menular dengan mudah . Penularan tidak melalui udara seperti batuk. Harus ada kontak, lesi pada kulit atau mukosa .
  2. Bila sejak kontak 2 tahun lalu hingga 20 nov 17 tidak melakukan perilaku beresiko, hasilnya valid sebab sudah melewati window periode
  3. Periode jendela ( window period ) berdasarkan guideline WHO dan Kemenkes adalah 3 bulan atau 90 hari post kontak. Bila ditest dan selama masa tunggu tidak ada perilaku beresiko artinya hasil negatif adalah hasil akhirnya.
  4. HIV akan terdeteksi 33 bulan atau 90 hari post kontak. Bisa saja diketahui 5 tahun kemudian karena sebelumnya pasien tidak pernah periksa.
  5. Berdasarkan guideline WHO dan Kemenkes, periode jendela adalah 3 bulan atau 90 hari. Ada dokter atau konselor yang mengatakan 6 bulan dikarenakan diduga pasien beresiko tinggi.

Gejala yang dialami bisa saja bukan disebabkan karena anda terinfeksi HIV. 
Demikian penjelasan saya, bila ada pertanyaan lebih lanjut baiknya konsultasikan dengan dokter. Salam Angsamerah.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Previous
Next

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.