Question #25237

views

733

Memiliki anak setelah hiv +

Maaf dok, mau tanya. Semisal, ada seorang pemuda dengan hiv + lalu menikah. Bagaimana cara terbaik agar istri tetap negatif tetapi bisa punya anak dengan hiv -. Masih bisakah kondisi seperti itu? Terima kasih angsa merah.

Answer

Hai,
Seseorang yang dinyatakanpositif HIV, masih dapat membina rumah tangga dengan pasangan bahkan memiliki anak tanpa menularkan pada mereka. Langkah terpenting adalah dengan mengonsumsi terapi ARV (anti retro viral) untuk menekan pertumbuhan virus HIV dalam tubuhnya. Target terapi ini adalah membuat viral load (juumlah virus) tak terdeteksi, sehingga memperkecil kemungkinan penularan pada pasangan.
Setelah mengonsumsi ARV, orang yang positif HIV perlu menggunakan kondom saat berhubungan dengan pasangannya untuk mencegah penularan pada pasangan.
Bagi pasangan yang ingin memiliki anak, maka perlu berkonsultasi dan merencanakan kehamilannya dengan seksama. Biasanya hal ini dibicarakan dengan dokter yang merawat serta konsultasi ke dokter kandungan. Ada beberapa metode khusus yang bisa dipakai untuk memiliki anak agar bebas HIV. Begitupun tata cara perawatan selama hamil dan setelah melahirkan.
 
Semoga jawaban ini dapat membantu Anda. Salam sehat.
 

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.